IHSG 6 Januari Berakhir Menguat Di Tengah Pelemahan Bursa Asia dan Eropa

680

Indeks Harga Saham Gabungan pada penutupan perdagangan Rabu (06/01), berakhir positif, ditutup naik 1,12% pada 4608,98. Sementara itu indeks saham unggulan LQ45 ditutup naik 1,58% ke posisi 802.13. Penguatan IHSG terdorong optimisme pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Di tengah-tengah ketegangan baru akibat uji coba nuklir Korea Utara yang menekan bursa Asia dan bursa Eropa, bursa Indonesia justru berada di zona positif. Penguatan IHSG didorong optimisme pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Pemerintah Indonesia dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi tahun 2016 akan meningkatkan pembangunan infrastruktur yang akan mendukung penguatan industri dan perdagangan, bahkan hingga kawasan timur Indonesia.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peluncuran penandatanganan kontrak kegiatan tahun anggaran 2016, Rabu (6/1) di ruang Pendopo Kementerian PUPR, Jakarta.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa acara penandatanganan kontrak dilakukan di 5 lokasi secara bersamaan yaitu Medan, Banjarmasin, Surabaya, Manado, dan Jayapura, dimana Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut menyaksikan secara langsung melalui video conference dari ruang Pendopo Kementerian PUPR. 

Paket yang ditandatangani di masing-masing lokasi sebanyak 10 paket. “Total paket yang ditandatangani hari ini sebanyak 644 paket dengan nilai kontrak sebesar Rp8,81 triliun”, tambah Menteri PUPR.

Dari 644 paket, menurut Basuki, sebanyak 597 paket merupakan paket kecil dengan nilai kontrak di bawah Rp50 miliar yang diharapkan menjadi penggerak ekonomi di daerah-daerah, sementara 47 paket merupakan paket besar di atas 50 miliar rupiah. Nilai kontrak tersebut merupakan 10,84 persen dari total belanja modal Kementerian PUPR Tahun 2016.

Menteri PUPR menyampaikan, dengan segera dikerjakannya tender pada awal tahun menjadi sebuah kabar baik bagi investor dan masyarakat. Menteri PUPR meyakini, dengan ditandatanganinya kontrak pada bulan Januari maka bisa menyerap pertumbuhan ekonomi sekitar 5% hingga 6%.

Pada penutupan perdagangan saham Indonesia sore ini terpantau 157 saham menguat dan 122 saham melemah. Terjadi perdagangan saham sebanyak lebih dari 4,14 miliar saham dengan nilai mencapai lebih dari 5,98 triliun rupiah, dengan frekuensi perdagangan sebanyak lebih dari 248.928 kali.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan saham selanjutnya berpotensi menguat terbatas merespon optimisme ekonomi Indonesia. IHSG diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 4574-4542, dan kisaran Resistance 4643-4679.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here