Kondisi Bisnis Tiongkok Mengecewakan, Sektor Jasapun Menurun

238

Setelah awal pekan Caixin dan Markit umumkan kinerja yang buruk pada bisnis sektor manufaktur bulan Desember lalu, kembali kedua lembaga tersebut umumkan kinerja sektor jasanya di bulan yang sama hari Rabu (6/01). Data PMI bulan Desember yang dirilis hari ini kembali menunjukkan penurunan dari  bulan sebelumnya.

Survey terhadap 400 perusahaan sektor jasa negeri tersebut pada bulan Desember memberikan penurunan indeks PMI sektor jasa Tiongkok ke posisi 50,2 setelah bulan November ada di posisi 51,2. Posisi indeks dibulan Desember tersebut merupakan posisi terendah sejak Juli 2014 dan merupakan hasil survey terendah kedua sepanjang sejarah. Meskipun terjadi penurunan indeks namun kinerja sektor jasa ini masih menunjukkan posisi ekspansi (diatas 50 indeks poin). 

 China Services PMI

Meskipun pertumbuhan lebih lambat dalam kegiatan bisnis swasta akhir tahun lalu, perusahaan jasa terus menambah jumlah gaji mereka pada bulan Desember. Namun tarif rata-rata sektor jasa masih rendah dikarenakan berkurangnya permintaan klien dan untuk memikat klien pada bulan terakhir produsen lebih banyak memberikan diskon.

Survey tingkat manajer perusahaan sektor jasa ini juga terlihat optimisme perusahaan terhadap prospek bisnis negeri Tiongkok masih rendah sehingga perusahaanpun membatasi aktivitasnya juga.  Dari hasil survey sektor jasa ini dan kondisi manufaktur yang dilaporkan hari Senin lalu, terlihat kondisi bisnis perusahaan swasta Tiongkok sedang kontraksi.

Terlihat dari data indeks komposit kedua sektor yang dilaporkan Markit pada waktu bersamaan, dimana iIndeks komposit turun ke    skor 49,4 di bulan Desember, lebih rendah  dari posisi 50,5 pada bulan sebelumnya.

 

H Bara/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here