Bursa Wall Street Ditutup Negatif Tertekan Anjloknya Minyak, Kekuatiran Pertumbuhan Global dan Ketegangan Geopolitik

412

Bursa Wall Street ditutup turun pada penutupan perdagangan Kamis dinihari (07/01), tertekan oleh kekuatiran lanjutan tentang pertumbuhan ekonomi global, anjloknya harga minyak mentah dan meningkatnya ketegangan geopolitik.

Bank Dunia memangkas proyeksi pertumbuhan global 2016 menjadi 2,9 persen, mengutip tekanan dari “pertumbuhan yang lemah di antara pasar negara berkembang utama.” Hal ini menimbulkan kekuatiran perlambatan pertumbuhan global.

Harga minyak mentah anjlok mencapai terendah dalam lebih dari 11 tahun pada penutupan perdagangan Kamis dinihari tadi (07/01), tergerus perselisihan antara Arab Saudi dan Iran membuat kerjasama antara eksportir utama untuk memangkas produksi minyak mentah lebih tidak mungkin, ditambah kenaikan tajam dalam persediaan bensin AS.

Harga minyak mentah berjangka AS WTI turun $ 2, atau 5,56 persen, pada 33,97 dollar per barel, terburuk sejak 19 Desember 2008. Harga acuan minyak mentah berjangka Brent turun 5,93 persen, pada 34,26 dollar per barel, terendah sejak awal Juni 2004.

Ketegangan global kembali muncul. TV pemerintah  Korea Utara siang ini umumkan negaranya telah berhasil melakukan uji coba pertama bom hidrogen. Dan akibat bom ini terjadi gempa bumi berkekuatan 5,1 Skala Richter yang terjadi disuatu tempat bernama Punggye-ri, tempat yang diperkirakan digunakan Korut untuk melakukan  tes nuklir sejak tahun 2006.

Dari informasi yang disampaikan TV Korea Utara tersebut disampaikan bahwa Korea Utara tidak akan menggunakan senjata nuklirnya jika tidak ada yang mengusik kedaulatan wilayahnya. Bom hidrogen merupakan bom yang sangat dahsyat ledakannya dibandingkan bom atom.

Negara tetangganya seperti Korea Selatan dan Jepang segera melakukan pertemuan khusus membahas apa yang dilakukan oleh Korea Utara.

Indeks Dow Jones ditutup turun 252,15 poin, atau 1,47 persen, di 16,906.51, dengan penurunan tertinggi saham Chevron dan saham Wal-Mart yang naik tertinggi.

Indeks S & P 500 ditutup turun 26,45 poin, atau 1,31 persen, pada 1,990.26, dengan sektor energi memimpin semua 10 sektor yang lebih rendah.

Indeks komposit Nasdaq ditutup turun 55,67 poin, atau 1,14 persen, pada 4,835.76.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup sekitar 250 poin lebih rendah setelah jatuh 341 poin dalam perdagangan sore. Dow dan S & P 500 ditutup di bawah level psikologis kunci mereka dari 17.000 dan 2.000, masing-masing, untuk pertama kalinya sejak pertengahan Oktober. S & P 500 berakhir sekitar 1,3 persen lebih rendah sekitar 1.990 setelah sebelumnya jatuh ke 1.979.

Sektor Energi ditutup turun 3,6 persen untuk memimpin semua S & P 500 sektor yang lebih rendah. Saham Chevron ditutup turun hampir 4 persen sebagai salah satu beban terbesar pada Dow Jones. Di antara konstituen indeks, hanya Wal-Mart berakhir lebih tinggi, naik 1 persen.

Dengan penurunan ini, Indeks utama AS rata-rata mengalami penurunan mingguan lebih dari 2,5 persen. Dow Jones dan Nasdaq menghasilkan terburuk pertama dalam tiga hari mereka setahun sejak 2008.

Bursa Saham berada di dekat posisi terendah sebelumnya setelah rilis sore risalah pertemuan Federal Reserve Desember. Dokumen yang menunjukkan bahwa untuk beberapa anggota, keputusan untuk menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade adalah “mendekati tercapai.”

Dolar AS diperdagangkan sedikit lebih rendah terhadap mata uang utama dunia setelah diperdagangkan datar untuk sebagian besar sesi sebelumnya. Euro berada di dekat $ 1,078 dan yen di ¥ 118,50 melawan dollar, berada sekitar posisi terendah pertengahan Oktober.

Hasil Treasury turun, dengan yield 2-tahun sekitar 0,98 persen, di bawah 1 persen untuk pertama kalinya sejak malam Natal. Yield 10-tahun dekat 2,17 persen, terendah sejak pertengahan Desember.

Dalam berita ekonomi lainnya, Markit PMI Sektor Jasa AS untuk Desember adalah 54,3, di bawah hasil November dari 56,1.

ISM non-manufaktur berada di 55,3, turun dari bulan November 55,9.

Departemen Perdagangan mengatakan pada hari Rabu pesanan baru untuk barang-barang manufaktur tergelincir 0,2 persen setelah direvisi naik 1,3 persen pada Oktober, kata Reuters.

Sebelumnya, laporan ADP Desember menunjukkan penciptaan 257.000 gaji.

Defisit perdagangan AS November datang di $ 42,4 miliar. Impor barang jatuh ke terendah dalam hampir lima tahun, melampaui penurunan ekspor, kata Reuters.

Malam nanti akan dirilis data ekonomi AS, Initial Jobless Claim yang diindikasikan berdasarkan hasil konsensus akan berada pada posisi 275K, menurun dari hasil sebelumnya pada 287K.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Wall Street akan bergerak merespon pergerakan harga minyak mentah dan ketegangan geopolitik di Timur Tengah dan Semenanjung Korea, yang diperkirakan akan menekan kembali bursa global.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here