Defisit Dagang Amerika Terpangkas Parahnya Ekspor Sejak Januari 2012

858

Departemen Perdagangan AS telah merilis kinerja perdagangan luar negerinya yang selalu defisit berhasil mengurangi defisitnya pada bulan November oleh karena berkurang banyaknya impor dibandingkan kinerja ekspor yang sedang menurun. Berkurangnya impor negeri tersebut dipicu oleh menguatnya dollar.

Dari rilis semalam ditunjukkan defisit perdagangan Amerika Serikat  menurun menjadi $ 42,4 miliar pada bulan November 2015, lebih rendah dari defisit  $ 44,6 miliar pada bulan Oktober yang lebih rendah dari ekspektasi pasar.

Defisit berkurang akibat penurunan tajam impor  hingga 1,7 persen menjadi $ 224.6 miliar  pada bulan November, yang lebih rendah dari $ 228.4 miliar pada bulan Oktober.Posisi impor bulan kesebelas tahun 2015 merupakan impor terendah dalam 9 bulan terakhir. Berkurangnya impor negeri tersebut terjadi pada produk  konsumsi termasuk ponsel dan barang-barang rumah tangga lainnya.

United States Balance of Trade

Sementara itu Departemen Perdagangan laporkan juga penurunan aktivitas ekspor yang merupakan ekspor terendah sejak  Januari 2012 yang turun hingga 0,9 persen. Ekspor Amerika menurun menjadi  menjadi $ 182.2 miliar pada bulan November dari $ 183.8 miliar di bulan Oktober. Turunnya komoditas ekspor pada produk barang konsumsi, industri dan barang rumah tangga.

Lebih rinci  untuk perdagangan barang dan jasa, terjadi penurunan defisit oleh karena berkurangnya defisit perdagangan sebesar $ 2,3 miliar menjadi $ 61,3 miliar dan penurunan  surplus sektor jasa sebesar $ 0.1 miliar menjadi $ 18,9 miliar. Namun secara tahunan defisit perdagangan  barang dan jasa  meningkat 5,5 persen menjadi $ 25200000000 dari periode yang sama di 2014. 

 

 

H Bara/VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here