Jual Menara Demi Triliunan Utangnya, Saham EXCL Terjun

287

Setelah PT XL Axiata Tbk (EXCL) yang  seringkali melaporkan kinerja keuangan merugi dan masih memiliki utang dollar yang cukup besar mengumumkan aksi koorporasinya untuk menutupi sebagian utangnya tersebut dengan menjual sebagian menaranya, pergerakan sahamnya kemarin berakhir positif dan masih menguat sekitar 10 poin.

EXCL akan melakukan lelang terbuka untuk  menjual sebagian menaranya pada bulan Januari ini demi mengurangi beban utang yang dimiliki perseroan. Hingga akhir bulan September lalu, utang jangka panjang EXCL baik dalam Rupiah ataupun dollar AS senilai Rp19 triliun lebih. Selain melakukan restrukturisasi utang seperti yang dilakukan bulan Oktober lalu, EXCL juga berusaha meningkatan pendapatannya yang terus menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk pergerakan sahamnya di bursa perdagangan saham hari Senin  (6/01) saham EXCL ditutup pada level 3680 setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level 3670 dan hari ini (7/01) saham dibuka turun di 3565 dengan volume perdagangan baru mencapai 2 ribu lot saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham EXCL pada awal tahun berhasil menguat ditengah aksi jual yang cukup besar. Kemarin  terpantau indikator MA   bergerak datar  dengan   indikator Stochastic konsolidasi di area tengah.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak turun   didukung oleh +DI yang juga bergerak turun   yang menunjukan pergerakan EXCL dalam koreksi. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, diprediksi rekomendasi trading pekan ini pada target level support di level Rp3635  hingga target resistance di level Rp3790.

 

 

 

 
H Bara/VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here