Keyakinan Bisnis dan Sentimen Ekonomi Eropa Menguat

683

Sentimen ekonomi zona euro tak terduga meningkat pada bulan Desember dengan pengangguran terus menurun di bulan sebelumnya, data dari Kantor Statistik Uni Eropa dan Komisi Eropa menunjukkan pada Kamis (07/01).

Survei bulanan Komisi menunjukkan pada hari Kamis bahwa sentimen ekonomi di zona euro meningkat menjadi 106,8 poin pada Desember dari 106,1 poin pada bulan November. Ekonom yang disurvei oleh Reuters sebelumnya memperkirakan hasil yang sama pada 106,1 poin.

Sedangkan Indikator iklim bisnis yang terpisah dihitung oleh Komisi Eropa, juga meningkat lebih dari yang diharapkan untuk 0,41 pada bulan Desember dari 0,36 di bulan November. Para ekonom telah memperkirakan kenaikan ke 0,40.

euro-area-business-confidence

Optimisme bisnis semakin menguat dengan didorong oleh sentimen industri yang naik menjadi -2,0 dari -3,2. Sektor jasa yang bertanggung jawab atas bagian terbesar dari zona euro produk domestik bruto, juga meningkat menjadi 13,1 dari 12,8.

Sedangkan sentimen konsumen naik menjadi -5,7 dari -5,9.

Secara terpisah, kantor statistik Eurostat Uni Eropa mengatakan bahwa pengangguran zona euro jatuh ke level terendah dalam lebih dari empat tahun di bulan November, dari 10,5 persen tenaga kerja dari 10,6 persen revisi pada bulan Oktober. Hasil tersebut adalah penurunan bulanan ketiga berturut-turut. Sebanyak 16,9 juta orang mengangur di kawasan euro dengan 19 negara anggota tersebut.

euro-area-unemployment-rate

Dibandingkan dengan tahun lalu, tingkat jatuh di semua negara kecuali Austria dan Finlandia. Penurunan paling tajam adalah di Spanyol, untuk 21,4 dari 23,7 persen, dan Italia, menjadi 11,3 dari 13,1 persen.

Sebaliknya, kondisi dan prospek penjualan eceran kurang cerah.

Penjualan eceran zona euro tumbuh lebih suram pada bulan Desember, survei Komisi menunjukkan, untuk bulan kedua berturut-turut.

Data Eurostat menunjukkan peningkatan pesimisme adalah untuk alasan yang baik sebagai penjualan ritel turun 0,3 persen bulan ke bulan di bulan November setelah penurunan 0,2 persen direvisi pada bulan Oktober dan jatuh 0,1 persen pada September.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan kenaikan bulanan 0,2 persen dalam penjualan, bukan penurunan. Secara tahunan, penjualan ritel pada bulan November naik 1,4 persen terhadap ekspektasi kenaikan 2,0 persen.

Pengukuran dilakukan terhadap 14 anggota zona euro dimana data tersedia, penjualan ritel hanya naik pada bulanan di Finlandia, Jerman, Malta dan Slovakia. Penurunan terbesar berada di Estonia, Latvia dan Portugal.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here