Awal Bursa Eropa Positif Terpengaruh Rebound Bursa Tiongkok

280

Bursa saham Eropa dibuka naik pada pembukaan perdagangan Jumat (08/01) setelah bursa Tiongkok stabil setelah pihak berwenang membatalkan penghenti sistem sirkuit pasar.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik lebih dari 0,5 persen.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 5.994,73, naik 40,65 poin atau 0,68%

Indeks DAX berada pada posisi 10.047,97, naik 68,12 poin atau 0,68%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.422,77, naik 19,19 poin atau 0,44%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 9.112,80, naik 53.50 poin atau 0,59%

Investor global khawatir atas meningkatnya volatilitas di Cina. Pada hari Kamis, bursa saham Tiongkok dihentikan dari semua perdagangan setelah indeks CSI 300 turun lebih dari 7 persen, memicu dilaksanakan sirkuit pemutus pasar untuk kedua kalinya minggu ini.

Namun, pasar tenang setelah China Securities Regulatory Commission (CSRC) menangguhkan sistem pemutus sirkuit, dan pasar saham mendapat dorongan lebih lanjut setelah bank sentral Tiongkok menetapkan yuan yang lebih tinggi pada hari Jumat. Indeks Shanghai dan indeks Shenzhen keduanya berakhir di wilayah positif.

Harga minyak rebound Jumat setelah mencapai terendah tahun 2004 pada hari sebelumnya. Harga minyak berjangka Brent naik pada posisi $ 34 per barel dan ini mendorong beberapa saham di sektor yang lebih tinggi, meskipun saham BP, Total dan Shell semua berada di wilayah negatif karena kekhawatiran jangka panjang akibat kelebihan pasokan minyak mentah.

Sedangkan Royal Dutch Shell seperti yag dilaporkan Financial Times melaporkan bahwa tawarannyanya senilai £ 36 miliar untuk saingan BG Group siap untuk memenangkan dukungan dari sebagian besar pemegang saham perusahaan minyak raksasa Anglo-Belanda. Saham Shell diperdagangkan lebih rendah, tapi saham BG Group lebih tinggi pada awal perdagangan.

Pasar saham Tiongkok yang lebih tenang pada hari Jumat juga membantu mendorong saham sumber daya dasar naik, meskipun tekanan lanjutan pada harga logam. Saham Glencore dan Rio Tinto berada di zona hijau.

Saham Pemasok Apple Eropa terus merasakan kekhawatiran atas penurunan produksi iPhone. Dua pemasok Apple di AS – Cirrus Logic dan Qorvo – dalam update perdagangan melaporkan bahwa berada di bawah konsensus. Hasil ini datang di tengah laporan pada minggu bahwa Apple telah memangkas produksi iPhone 6S dan 6S Plus. Akibatnya, saham Dialogue Semiconductor, STMicro dan ARM semua berada di wilayah negatif.

Dalam berita saham lainnya, perusahaan farmasi Shire sedang mempersiapkan untuk mengumumkan akuisisi sekitar $ 32,5 miliar dari perusahaan AS Baxalta, menurut Reuters. Saham Shire sedikit lebih tinggi.

Saham perusahaan rantai supermarket Inggris, Tesco naik setelah Barclays menaikkan outlook pada saham dari “bobot yang sama” menjadi “overweight”.

Saham pengecer Perancis Casino juga diperdagangkan naik tajam setelah HSBC menaikkan outlook pada saham dari “menahan” menjadi “membeli”.

Sore ini tidak ada rilis data indikator ekonomi untuk kawasan Eropa.

Analyst Vibiz Research memperkirakan bursa Eropa akan merespon perkembangan bursa Wall Street, yang diperkirakan akan melemah jika data Non Farm Payrollnya menurun seperti yang diperkirakan para ekonom.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here