Bursa Tiongkok Berakhir Positif Terdorong Penghentian Sistem Sirkuit dan Stimulus Pemerintah

571
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Jumat (08/01), indeks Shanghai mempertahankan rebound, ditutup naik 61,77 poin, atau 1,98 persen, pada 3186.78. Penguatan bursa terdorong tindakan pemerintah menghentikan sistem pemutus sirkuit yang kontroversial, bank sentral menetapkan kurs fix yuan lebih tinggi dan dana yang dikontrol pemerintah dikatakan untuk membeli saham.

Lihat : Indeks Shanghai Dibuka Rebound Dengan Penangguhan Pemutus Sirkuit dan Mencermati Stimulus Beijing

Pasar Saham Tiongkok dihentikan dari semua perdagangan Kamis setelah Indeks CSI 300 turun lebih dari 7 persen memicu pemutus sirkuit pasar untuk kedua kalinya minggu ini setelah hanya sekitar 15 menit senilai perdagangan yang sebenarnya.

Hal ini menyebabkan China Securities Regulatory Commission (CSRC) untuk kemudian menangguhkan sistem untuk menenangkan pasar yang baru-baru ini dilaksanakan. Sistem ini merupakan alat regulasi yang dirancang untuk membatasi seberapa jauh saham bisa jatuh.

Bank sentral menetapkan suku bunga acuan mata uang sedikit berubah hari Jumat setelah pelemahan Yuan delapan hari yang mengguncang pasar global. Dana yang dikendalikan negara dibelikan saham Tiongkokpada hari Jumat, dengan fokus pada saham-saham keuangan dan lain-lain dengan bobot besar dalam indeks patokan, menurut orang-orang yang akrab dengan masalah.

Yuan offshore memperpanjang kenaikan hari Jumat setelah Bank Rakyat China menetapkan penetapan harian, yang membatasi gerakan onshore untuk maksimal 2 persen di kedua sisi, di 6,5636 dolar, 0,02 persen lebih kuat dari hari sebelumnya. Hasil 0,5 persen tersebut lebih tinggi dari harga penutupan onshore efektif Kamis di pasar spot dan berakhir pengurangan delapan hari dari 1,42 persen.

Dalam penutupan perdagangan saham, adapun saham-saham yang menguatkan indeks Shanghai adalah saham Baoshan Iron Steel yang naik 10,4%, saham Wuhan Iron And Steel naik 10%, saham Aluminum Of China naik 9,91%, saham Inner Mongolia Baotou Steel Union naik 8,26%, saham Jiangxi Copper naik 7,69%.

Sabtu besok akan dirilis data indikator ekonomi Tiongkok yang diindikasikan akan positif.

Inflation Rate (YoY) Desember, yang diindikasikan berdasarkan hasil konsensus akan berada pada 1.6%, meningkat dari hasil sebelumnya pada 1.5%.

Inflation Rate (MoM) Desember, yang diindikasikan berdasarkan hasil konsensus akan berada pada 0.4%, meningkat dari hasil sebelumnya pada 0.0%.

PPI (YoY) Desember, yang diindikasikan berdasarkan hasil konsensus akan berada pada -5.8%, meningkat dari hasil sebelumnya pada -5.9%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Shanghai akan melanjutkan hasil positif merespon data indikator ekonomi yang positif. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 3076-2968 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3295-3391.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here