Euro Sesi Eropa Dihajar Oleh Buruknya Data Ekonomi Jerman dan Perancis

342

Anjloknya kurs euro terhadap dollar AS sejak awal perdagangan sesi Asia semakin mendalam pada perdagangan sesi Eropa sore ini, selain oleh momentum penguatan dollar juga disebabkan oleh buruknya beberapa data ekonomi yang dirilis akhir pekan ini.

Data ekonomi negatif yang dirilis sore ini berupa data produksi industri Jerman dan Perancis bulan November yang alami kontraksi data dari bulan sebelumnya. Demikian juga data neraca perdagangan Jerman dan Perancis yang mengecawakan, dimana surplus dagangan Jerman menurun dan defisit dagangan Perancis masih banyak.

Dari sisi pergerakan indeks dollar AS perdagangan sore  ini terpantau  masih melaju oleh redanya ketegangan di pasar global setelah bursa saham Tiongkok dan mata uangnya berhasil meningkat sehingga perhatian pasar beralih kembali kepada fundamental dollar AS meski malam nanti data NFP dirilis lebih rendah.

Pergerakan kurs Euro di sesi Eropa (09:40:35 GMT) bergerak turun   terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lemah      pada   1.0933 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  Euro turun 66 pips  atau 0,6%  dan nilai bergulir  berada pada 1.0871.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan akhir tahun 2015, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair EURUSD dapat turun   ke kisaran  support 1.0805 – 1.0680 dan jika terjadi revisi akan naik ke kisaran resisten   1.1024 – 1.1117.

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here