Jelang Rilis Data NFP, Laju Dollar Sesi Eropa Masih Kencang

653

Masuki perdagangan sesi Eropa akhir pekan (9/01) pemulihan dollar AS dari koreksi selama 2 hari berturut cukup berhasil yang dimulai sejak awal perdagangan sesi Asia pagi. Tampaknya perhatian pasar akan sentimen kenaikan suku bunga the Fed kembali lagi setelah kepanikan yang terjadi akan kondisi ekonomi Tiongkok dan pelemahan harga minyak mereda.

Lihat:  Usaha Pemulihan Dollar Akhir Pekan

Hingga perdagangan sore ini, terpantau bursa saham Tiongkok berhasil ditutup positif demikian juga dengan nilai mata uangnya yuan terhadap dollar berhasil menguat oleh intervensi pemerintah terhadap pasar keuangan negeri tersebut. Dampak pulihnya kondisi Tiongkok tersebut juga mengangkat harga minyak mentah. 

Untuk pergerakan sesi malam, sebelumnya diperkirakan dollar akan terkoreksi kembali oleh rilis data NFP Amerika bulan Desember yang diperkirakan lebih sedikit dari bulan sebelumnya dan berpotensi hambat laju dollar.

Sebelumnya fokus pasar beralih oleh kondisi Tiongkok yang mengkhawatirkan dari awal pekan, karena menurut salah satu pejabat the Fed kenaikan lanjutan suku bunga bank sentral tersebut akan sulit dilakukan jika kondisi ekonomi global sulit sekali.

Indeks dollar sore  ini menguat   setelah dibuka lemah  pada 98,23  awal sesi Asia, dan  kini bergerak pada kisaran 98,64 (09:10:00 GMT). Untuk pergerakan selanjutnya analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks bergerak dalam kisaran resisten pada 98,99-99,70 dan kisaran support 97,84-97,42.

 

 

 

 

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here