Berita Laba Enam Pemberi Pinjaman Terbesar Dinantikan Investor Wall Street

780

Pada pekan ini dan pekan depan akan ada berita penting yaitu pengumuma laba enam perusahaan pemberi pinjaman terbesar yang merupakan anggota bursa Wall Street. Tentu hasil pengumuman tersebut akan mempengaruhi pergerakan saham masing-masing di bursa Wall Street.

Pengumuman laba pekan ini akan dilakukan oleh JPMorgan pada 14 Januari, diikuti oleh Citigroup dan Wells Fargo pada Januari 15. Pekan selanjutnya Morgan Stanley dan Bank of America dijadwalkan akan melaporkan Januari 19. Sedangkan Goldman Sachs pada 20 Januari.

Investor mendapatkan sekilas pertama ketika JPMorgan Chase & Co melaporkan pada 14 Januari. Analis memperkirakan pemotongan tajam pada kuartal keempat untuk menyoroti keberhasilan perusahaan dalam pemangkasan operasional yang membengkak dengan pemecatan pekerja, penyelesaian sengketa hukum dan sentralisasi fungsi back-office untuk menghadapi suku bunga rendah yang telah melemahkan pendapatan. Sekarang, bank berada di bawah tekanan untuk menemukan sumber-sumber baru tabungan di saat prospek pertumbuhan pendapatan tetap tidak menentu.

Pendapatan kuartal ke empat akan naik 2 persen untuk kelompok dari tahun sebelum $ 97,9 miliar, sementara biaya akan jatuh 14 persen, analis memperkirakan.

Pemberi pinjaman mengumumkan program pemotongan biaya dengan nama yang mudah diingat dan menetapkan target untuk rasio efisiensi, ukuran berapa biaya untuk menghasilkan satu dolar dari pendapatan. Sebagai bagian dari inisiatif dijuluki Project New BAC, Bank of America Corp mengatakan pada September 2011 bahwa ia berencana memangkas 30.000 pekerja dan mengkonsolidasikan 63 pusat data diwariskan melalui akuisisi. Tahun berikutnya, Wells Fargo & Co menetapkan target efisiensi-rasio 55 persen menjadi 59 persen, dan pada Maret 2013, kurang dari enam bulan setelah mendapatkan jabatan tertinggi di Citigroup Inc, CEO Michael Corbat menyatakan target 2015 sekitar 55 persen.

Analis Citigroup memproyeksikan akan memenuhi target, dan Wells Fargo mengatakan kepada investor bahwa mereka mengharapkan untuk berada dalam jangkauan. Bank of America memotong jumlah pegawai sekitar 75.000 karyawan selama empat tahun hingga September.

Biaya hukum untuk lima bank terbesar AS tidak termasuk Wells Fargo, yang tidak mengungkapkan biaya dalam pengumuman laba, sebesar lebih dari $ 33 miliar pada 2014, menurut angka yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Melalui tiga kuartal pertama tahun 2015, penghitungan itu kurang dari $ 7 miliar. Kelompok ini mencakup JPMorgan, Bank of America, Citigroup, Goldman Sachs Group Inc dan Morgan Stanley.

Unit operasi juga telah diminta untuk langsing, dengan tim manajemen mengambil kontrol untuk bisnis kelembagaan dan operasional konsumen sama. Bank telah memangkas jaringan cabang sebagai klien pindah ke ponsel, sementara lebih ditingkatkan perdagangan digital, mengurangi ketergantungan pada manusia.

Sejak akhir 2010, Bank of America telah total biaya sebesar 34 persen, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Citigroup menurunkan biaya sebesar 17 persen, sementara Goldman Sachs turun 14 persen.

Analis memproyeksikan laba bersih $ 3,29 miliar untuk Bank of America dan $ 3,55 miliar untuk Citigroup. Wells Fargo akan memimpin kelompok, dengan laba $ 5,36 miliar, diikuti oleh JPMorgan dengan $ 4,75 miliar, menurut perkiraan.

Hasil kuartal keempat yang diharapkan ditandai oleh lonjakan dealmaking, penguatan ekonomi AS dan kenaikan suku bunga pertama dalam hampir satu dekade. Merger dan akuisisi mencapai lebih dari $ 4,2 triliun dalam transaksi tahun lalu, data yang dikumpulkan oleh Bloomberg menunjukkan. Karena tingkat pengangguran AS meningkat menjadi 5,3 persen untuk tahun ini, yang terbaik sejak tahun 2007, para pembuat kebijakan Federal Reserve menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun, meningkatkan prospek bank untuk pinjaman margin yang lebih tinggi pada tahun 2016.

Morgan Stanley dan Citigroup telah mengumumkan biaya perkiraan kuartal keempat, masing-masing pada $ 150 juta dan $ 300 juta. Morgan Stanley akan menutupi biaya pemotongan 1.200 pekerja di seluruh dunia, termasuk sekitar 470 pedagang dan penjual di pendapatan tetap dan komoditas bisnis. Citigroup berencana untuk memotong setidaknya 2.000 pekerjaan bulan ini, termasuk beberapa personel front-office.

Margin bunga bersih rata-rata untuk bank terbesar, ukuran kunci profitabilitas, akan meningkat menjadi 3,09 persen pada tahun 2016 dan 3,15 persen pada tahun 2017 dari 3,04 persen pada akhir 2015, menurut perkiraan dikumpulkan oleh Bloomberg. Itu 3,21 persen pada akhir 2014.

Perusahaan telah diharuskan melaksanakan kepatuhan dan peraturan fungsi serta teknologi untuk melindungi terhadap serangan cyber. JPMorgan mengatakan menghabiskan $ 250 juta dalam 2014 untuk mencegah cybercrime, sementara Bank of America CEO Brian T. Moynihan mengatakan banknya menghabiskan lima kali atau enam atau tujuh tahun yang lalu.

Tentu minggu ini dan minggu depan akan menjadi perhatian investor untuk pengumuman laba enam perusahaan pemberi pinjaman terbesar ini, yang tentunya juga dapat menjadi penggerak bursa Wall Street. Kita nantikan perkembangan selanjutnya.


Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here