Harga Karet Tocom Turun Secara Mingguan Tertekan Kekuatiran Tiongkok dan Peningkatan Persediaan

295

Harga karet Tocom pada penutupan perdagangan akhir pekan Jumat (08/01) mengalami penguatan. dengan pulihnya bursa Tiongkok, setelah mencapai level terendah tujuh tahun. Namun ditutup turun secara mingguan terseret oleh kekhawatiran atas perlambatan ekonomi China.

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Jumat (08/01), indeks Shanghai mempertahankan rebound, ditutup naik 61,77 poin, atau 1,98 persen, pada 3186.78. Penguatan bursa terdorong tindakan pemerintah menghentikan sistem pemutus sirkuit yang kontroversial, bank sentral menetapkan kurs fix yuan lebih tinggi dan dana yang dikontrol pemerintah dikatakan untuk membeli saham.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Juni 2016 ditutup pada posisi 149,2 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami kenaikan sebesar 0,7 yen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 148.8 yen per kilogram.

Untuk minggu ini, harga karet Tocom turun 6%, persentase penurunan terbesar dalam empat bulan, juga terpicu oleh data meningkatnya persediaan.

Persediaan karet mentah di pelabuhan Jepang telah naik ke level tertinggi satu bulan pada 20 Desember, data industri menunjukkan.

Persediaan karet di gudang dipantau oleh Shanghai Futures Exchange naik 2,8% dari minggu sebelumnya, pada Jumat.

Pada hari ini bursa Jepang ditutup libur memperingati Coming of Age Day.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya masih berpotensi melemah dengan kekuatiran Tiongkok

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 145,00 yen. Support selanjutnya ada di 140,00 yen. Sementara itu harga akan menemui resistance di posisi 155,00  yen dan 160,00 yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here