Penguatan Real Brazil Mengangkat Harga Kopi Arabica Akhir Pekan

278

Harga kopi arabika ICE mengalami kenaikan di akhir perdagangan bursa ICE Futures New York Sabtu dini hari (09/01), terbantu penguatan mata uang Real Brasil.

Penguatan Real Brazil akan menaikkan nilai aset seperti kopi, karena Brazil merupakan negara produsen terbesar kopi dunia.

Pada penutupan perdagangan Sabtu dinihari (09/01), pasangan mata uang USDBRL tercatat alami penurunan 0,50% pada 4.0212. Hal ini mencerminkan penguatan mata uang Real Brazil terhadap dollar AS

Harga kopi arabika berjangka di penutupan perdagangan mengalami penguatan. Harga kopi arabika berjangka bulan Maret 2016 menguat sebesar 0,55 sen atau setara dengan 0,46 persen dan ditutup pada posisi 1.1900 dollar per pon.  

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga kopi arabika berjangka di ICE Futures New York pada perdagangan selanjutnya masih akan berlanjut dalam pola bearish. Ketersediaan produksi dengan curah hujan yang cukup besar di Brazil dapat menumbuhkan harapan peningkatan produksi. Demikian juga potensi penguatan dollar dengan kenaikan suku bunga AS dan kenaikan bertahap selanjutnya ini menjadi potensi pemicu pelemahan harga kopi arabica.

Harga kopi arabika berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level support di posisi 1,1600 dollar dan 1,1300 dollar. Sedangkan level resistance yang akan dihadapi jika terjadi kenaikan lanjutan ada pada posisi 1,2200 dollar dan 1,2500 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here