Bursa Eropa Dibuka Mixed Terpengaruh Kekuatiran Tiongkok dan Harga Minyak Mentah

661

Bursa saham Eropa dibuka mixed terpengaruh kekuatiran Tiongkok dan harga minyak diperdagangkan di atas $ 30 per barel.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik lebih dari 0,5 persen.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 5.892,22, naik 20.39 poin atau 0,35%

Indeks DAX berada pada posisi 9.927,76, naik 102,69 poin atau 1,05%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.339,26, naik 26,52 poin atau 0,61%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.873,60, turun -12,50 atau -0,14%

Sentimen investor di Asia masih rapuh Selasa karena tertekan anjloknya harga minyak dan kekhawatiran China.

Tren penurunan harga minyak mentah terjadi, diperkirakan jatuh sebanyak 20 persen sejak awal tahun ini. Minyak mentah Brent mencapai posisi terendah 2004 pada Selasa dan diperdagangkan di atas $ 30 per barel dalam perdagangan pagi. Morgan Stanley memperkirakan dalam sebuah catatan pada hari Senin bahwa minyak bisa mendorong ke level $ 20 per barel.

Harga minyak dan gas berada di bawah tekanan kelebihan pasokan. Saham Tullow Oil turun lebih dari 5 persen, sementara saham Statoil juga melemah tajam.

Harga logam berada di bawah tekanan di tengah kekhawatiran lanjutan atas kesehatan ekonomi Tiongkok membuat saham pertambangan yang lebih rendah. Saham BHP Billiton, Arcelor Mittal dan Glencore diperdagangkan di wilayah negatif.

Sektor ritel adalah fokus bagi investor pada hari Selasa. Jaringan supermarket Inggris Morrisons melihat saham naik lebih dari 10 persen setelah mengatakan bahwa untuk penjualan tidak termasuk bahan bakar di 9 minggu hingga 3 Januari naik 0,2 persen.

Saham dalam rantai supermarket saingan Sainsbury juga lebih tinggi setelah perusahaan riset pasar Kantar mengatakan penjualan lebih tinggi selama liburan dan pangsa pasarnya meningkat menjadi 17 persen di Inggris dan saham Tesco juga diperdagangkan lebih tinggi meskipun pangsa pasar dan penjualan tergelincir di 12 minggu hingga 3 Januari, menurut Kantar.

Sementara itu, perusahaan pengecer Finlandia KESKO mengumumkan rencana untuk membeli perusahaan Onninen dalam kesepakatan senilai € 369 juta ($ 401 juta), membuat saham naik tajam.

Perusahaan pengecer Jerman Metro melaporkan kuartal pertama penjualan naik 0,1 persen dan menegaskan kembali acuan setahun penuh, mengirimkan saham ke wilayah positif.

Sektor otomotif adalah salah satu yang terbaik bersama ritel. Saham Peugeot Citroen berada di zona hijau setelah mengatakan volume penjualan kendaraan global meningkat 1,16 persen pada tahun 2015.

Perusahaan Italia Fiat Chrysler juga diperdagangkan lebih tinggi setelah kepala eksekutif Sergio Marchionne mengatakan produsen mobil akan berakhir tahun pada posisi tinggi pada laporan keuangan.

Sedangkan rodusen mobil Jerman Volkswagen mengatakan pihaknya memperluas program goodwill US untuk mereka yang terkena dampak emisi kecurangan skandal. Saham Volkswagen naik lebih tinggi.

Dalam berita bisnis lainnya, perusahaan logam dan pertambangan Alcoa menyampaikan laba kuartalan yang melampaui ekspektasi analis Senin, tapi pendapatan turun.

Perusahaan terbesar software Eropa, SAP melaporkan laba tahunan mencapai rekor Senin yang membantu mendorong saham naik tajam.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa saham Eropa akan bergerak mencermati pergerakan harga minyak mentah dan pergerakan bursa Wall Street.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here