Dollar AS Sesi Eropa Berbalik Kuat Dan Lanjutkan Rally

219

Fokus pasar forex pada perdagangan sesi Eropa sore ini (12/01) beralih kepada sentimen kenaikan suku bunga the Fed yang berkelanjutan setelah diakhir perdagangan saham dan valas Tiongkok menunjukkan kinerja yang baik. Akibatnya dollar AS yang sejak awal perdagangan sempat terkoreksi bangkit kembali melanjutkan rally sejak akhir pekan lalu.

Bursa saham Tiongkok hari ini berakhir sengan kenaikan indeks sahamnya, demikian juga dengan nilai mata uang yuan yang juga alami kenaikan terhadap dollar. Kondisi ini menunjukkan upaya PBoC menstimulus pasar keuangannya cukup berhasil. Sebelumnya kondisi pasar keuangan Tiongkok mengkhawatirkan sehingga memperburuk prospek ekonomi global.

Buruknya prospek ekonomi global akan sangat mengganggu rencana the Fed untuk menaikkan suku bunganya kembali pada tahun 2016 setelah diakhri tahun lalu berhasil menaikkan suku bunganya setelah dalam hampir satu dekade tidak berubah. Dan pulihnya kondisi Tiongkok memberikan keyakinan pasar kembali akan kenaikan suku bunga lanjutan.

Malam ini tidak ada data yang signfikan akan menggerakkan dollar AS, namun hanya data JOLTS job openings yang diperkirakan dapat memperkuat rally. Penguatan harga minyak mentah hingga sore ini juga memberikan support bagi dollar.

Untuk pergerakannya di pasar spot terkini, indeks dollar bergerak kuat setelah dibuka kuat  pada 98,82  awal sesi Asia, dan  kini bergerak pada kisaran 98,93 (11:40:00 GMT). Untuk pergerakan selanjutnya analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks bergerak dalam kisaran resisten pada 99,16-99,50 dan kisaran support 98,26-97,70.

 

 

 

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here