Penguatan Ringgit Menurunkan Harga CPO Malaysia

780

Harga CPO di bursa komoditas Malaysia pada perdagangan Selasa siang (12/01) terpantau mengalami penurunan. Penurunan harga CPO tertekan penguatan mata uang Ringgit Malaysia.

Kenaikan Ringgit menyebabkan harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih mahal bagi para pembeli luar negeri. Dampaknya permintaannya turun tajam. Terpantau siang ini kurs USDMYR berada pada posisi negatif turun -0,41% pada 4.4047, hal ini berarti terjadi penguatan Ringgit terhadap dollar AS.

Harga CPO bulan Maret 2016 yang merupakan kontrak paling aktif di bursa komoditas Malaysia hari ini tampak mengalami pelemahan. Harga kontrak Maret 2016 yang merupakan kontrak paling aktif mengalami penurunan sebesar -9 ringgit dan diperdagangkan pada posisi 2.389 ringgit per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga CPO berjangka pada perdagangan selanjutnya masih akan dipengaruhi oleh pergerakan mata uang ringgit dan kondisi permintaan dan pasokan global. Harga minyak mentah juga memberikan pengaruh kuat terhadap pergerakan harga CPO.

Harga CPO berjangka kontrak Maret 2016 di bursa komoditas Malaysia berpotensi mengetes level support pada posisi 2.340 ringgit dan 2.290 ringgit. Sedangkan level resistance yang akan dites jika terjadi kenaikan ada pada posisi 2.440 ringgit dan 2.490 ringgit.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here