Anjloknya Yen Sesi Eropa 13 Januari Habis Dihajar Dollar

197

Semakin kuatnya dollar AS hingga perdagangan sesi Eropa sore ini (13/01) membuat kurs yen semakin parah anjloknya. Fokus pasar forex terhadap aset safe haven pekan lalu telah berlalu sejak pasar keuangan Tiongkok mulai stabil pada perdagangan kemarin. Pasar kini meyakini prospek dollar setelah kenaikan suku bunga the Fed akhir tahun lalu.

Pulihnya kondisi Tiongkok dapat mensinyalkan perbaikan ekonomi global sehingga pasar optimis the Fed kembali akan melanjutkan menaikkan suku bunganya pada tahun ini bertahap. Pekan lalu pasar khawatir dan pesimis akan rencana the Fed tahun ini sesuai hasil pertemuan kebijakan akhir tahun lalu.

Dari sisi pergerakan indeks dollar AS perdagangan sore  ini terpantau  masih bertahan di jalur penguatan oleh sentimen pasar merespon  stabilnya pasar keuangan Tiongkok dan berhasil reboundnya harga minyak mentah dunia.

Pergerakan kurs yen  di  sesi Eropa (10:35:35 GMT) melemah terhadap dollar AS,  USDJPY dibuka kuat pada  117,64 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  yen turun 68  pips  atau 0,6% dan nilai pair bergulir  berada pada 118,32.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  nanti, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY dapat naik   ke kisaran 118,49- 119,33, namun jika tidak berhasil tembus maka akan terjadi koreksi turun ke level 117.23-116,81 .

 

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here