Indeks Shanghai Berakhir Positif Terpengaruh Intervensi Pemerintah Tiongkok

497
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Kamis (13/01), indeks Shanghai rebound, ditutup naik 57,95 poin, atau 1,96 persen, pada 3007.55. Penguatan Indeks Shanghai terpengaruh intervensi yang dilakukan Pemerintah Tiongkok terhadap pasar saham Tiongkok.

Lihat : Indeks Shanghai Bergerak Negatif Tertekan Pelemahan Yuan

Regulator Cina telah meningkatkan upaya untuk meningkatkan pasar saham negara melalui lebih “rahasia dan tidak resmi” cara, kata laporan media.

Taktik mereka termasuk panggilan foto yang dibuat oleh pejabat bursa untuk pemegang saham utama, mendorong mereka untuk tidak menjual saham mereka, dan pembelian saham oleh dana investasi negara yang didukung, Wall Street Journal mengutip eksekutif perusahaan yang tidak disebutkan namanya mengatakan dalam sebuah laporan Rabu.

Lebih dari 20 perusahaan yang terdaftar di papan startup Tiongkok mengeluarkan pernyataan terpisah Kamis siang bahwa pemegang saham utama mereka tidak akan menjual saham di setidaknya enam bulan, termasuk yang berbasis di Shenzhen.

Menawarkan beberapa tanda stabilitas di pasar umumnya stabil, Bank Rakyat China (PBOC) menetapkan yuan tingkat mid point Kamis di 6,5616, dibandingkan dengan kurs tetap Rabu dari 6,5630. Pasangan dolar-yuan hampir datar di 6,5777.

Pada penutupan perdagangan bursa Shanghai, saham-saham yang menguatkan indeks Shanghai adalah saham Tongfang yang naik 5,16%, saham Baoshan Iron Steel yang naik 5,06%, saham SinOPEC Shanghai Petrochemical yang naik 4,36%, saham Youngor yang naik 4,3%, saham Wanhua Chemical yang naik 3,44%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Shanghai masih berpotensi melemah terbatas merespon kekuatiran perlambatan Tiongkok dan pelemahan yuan. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2923-2802 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3184-3287.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here