Awal Bursa Eropa Negatif Terpengaruh Pelemahan Bursa Tiongkok dan Harga Minyak

1081

Bursa Eropa dibuka turun pada hari Jumat (15/01) terganjal lemahnya bursa saham Tiongkok dan harga minyak merosot kembali di bawah $ 30 per barel.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 1,3 persen.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 5.854,16, turun -64,07 poin atau -1,08%

Indeks DAX berada pada posisi 9.706,85, turun -87,35 poin atau -0,89%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.258,82, turun -54,07 poin atau -1,25%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.676,00, turun -111,70 atau -1,27%

Reli saham AS didorong sebagian oleh pidato dari Presiden Federal Reserve St Louis James Bullard Kamis di mana ia mengatakan bahwa ekspektasi inflasi AS yang jatuh dan yang mengkhawatirkan.

Minyak rebound pada hari Kamis setelah mencelupkan sebentar di bawah $ 30 per barel, namun harga minyak mentah Brent berada di bawah tekanan lagi, jatuh di bawah $ 30 sekali lagi.

Dalam perdagangan saham Asia, indeks Shanghai Composite ditutup 3,51 persen lebih rendah dan Shenzhen Composite turun 3,4 persen pada akhir perdagangan.

Dalam berita bisnis, perusahaan tambang global BHP Billiton mengharapkan untuk mengambil sebelum pajak biaya perbaikan $ 7,2 miliar terhadap nilai aset minyak serpih AS, di tengah kemerosotan harga minyak dan gas, membuat saham melemah tajam.

Ini mempengaruhi saham-saham lain di sektor yang lebih rendah termasuk Anglo American, yang turun lebih dari 9 persen dan Antofagasta, yang juga melemah tajam.

Di sektor otomotif, perusahaan Italia Fiat Chrysler membantah tuduhan oleh dua dealer daerah Chicago yang mengajukan gugatan menuduh perusahaan dari menggembungkan penjualan. Saham Fiat Chrysler diperdagangkan lebih rendah.

Sementara Renault mengatakan tidak ada bukti perangkat perusak yang ditemukan di kantor-kantor yang diserbu oleh penyidik ​​penipuan, mengirimkan saham naik di awal perdagangan. Tapi saham diperdagangkan yang lebih rendah pada pertengahan pagi.

Dalam berita otomotif lain, penjualan mobil Eropa naik 9,2 persen di 2015 pada 14,2 juta, dengan saham Daimler yang terdaftar di Eropa naik 17,7 persen. Saham produsen mobil Jerman yang lebih rendah.

Di bagian lain, peritel pakaian Swedia H & M mengatakan penjualan Desember naik 10 persen dari tahun sebelumnya, mengirimkan saham 3 persen lebih tinggi.

Jaringan supermarket Carrefour Perancis melaporkan penjualan setahun penuh 2015 naik 3 persen dari tahun sebelumnya. Saham telah diperdagangkan lebih rendah.

Saham pemasok Apple Dialogue Seminconductor adalah salah satu pemain top setelah kelompok mengatakan tidak akan menaikkan tawaran untuk pembuat chip AS, Atmel, menghindari perang penawaran. Tetapi saham cepat dibalik semua keuntungan untuk perdagangan yang lebih rendah.

Saham Perancis Casino Grup yang lebih tinggi setelah mengatakan akan menjual saham mayoritas di operator yang hypermarket Thai Big C Supercente.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan juga bursa Wall Street malam ini. Potensi pelemahan dapat terjadi melihat potensi melemahnya harga minyak karena kekenyangan global dan bursa Wall Street berpotensi melemah terbatas merespon hasil indikator ekonomi yang didominasi pelemahan.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here