Awal Tahun ASRI Ubah Posisi Direksi, Saham Akhir Pekan Koreksi

371

Pergerakan saham PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) yang bullish sejak awal pekan, jelang penutupan perdagangan pekan ini bergerak negatif meski pengumuman BI rate kemarin memberikan khabar gembira bagi saham sektor property. Hari ini diberitakan perusahaan mengadakan RUPSLB dengan agenda perubahan direksi.

Dalam RUPSLB tersebut diputuskan Direktur Utama ASRI yang lama bernama Purbaja Pantja diganti oleh salah satu direktur yang diangkat bulan Februari 2015 yaitu  Joseph Sanusi Tjong. Untuk posisi direktur lainnya tidak berubah demikian juga dengan posisi dewan komisarisnya.

Berikut susunan direksi dan dewan komisaris ASRI berdasarkan RUPSLB 15 Januari 2016:

Direksi :
Direktur Utama : Joseph Sanusi Tjong
Direktur : Lilia Setiprawarti Sukotjo
Direktur : RM Franky AD
Direktur Tidak Terafiliasi : Andrew Charles Walker

Dewan Komisaris :
Komisaris Utama : Harjanto Tirtohadiguno
Komisaris : Angelina Sutedja
Komisaris : The Nicholas
Komisaris Independen : Pingki Elka Pangestu
Komisaris Independen : Prasasto Sudyatmiko

Melihat kinerja keuangan terakhir, periode kuartal ketiga tahun 2015 lalu  keuntungan atau laba bersih ASRI hanya Rp62,58 miliar atau Rp3,24 per saham, sedangkan tahun 2014 periode yang sama mencapai  Rp818,92 miliar atau Rp41,68 per saham.

Atas buruknya kinerja keuangannya ini, ASRI persalahkan pelemahan Rupiah yang sebabkan pembengkakan kerugian kurs hingga Rp791,32 miliar setelah sebelumnya tahun 2014 hanya merugi  Rp54,66 miliar. 

Lebih buruknya juga pada periode Q3 tersebut, pendapatan pokok perusahaan turun menjadi Rp2,17 triliun dari Rp2,82 triliun pada periode Q3 2014. Selain itu hingga akhir periode Q3, aset perseroan meningkat menjadi Rp17,08 triliun dari Rp16,92 triliun.

Untuk pergerakan harga sahamnya pada lantai bursa perdagangan saham Jumat  (15/01) saham ASRI dibuka pada level 335 setelah pada penutupan perdagangan sebelumnya berada pada level  332. Hari ini bergerak dalam kisaran 337-328 dengan volume perdagangan saham sudah mencapai 184 ribu lot saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham ASRI bersiap mencetak penguatan saham mingguan pekan ini dengan indikator MA   bergerak datar, selain itu indikator Stochastic bergerak datar  di area jenuh jual.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak datar   dengan posisi +DI bergerak turun  yang menunjukan pergerakan ASRI masih dalam koreksi. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, rekomendasi trading pekan depan pada target level support di level 301-316 dan level resistance di 335 – 355.

 

 

 

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here