Korsel Targetkan Menjadi 5 Besar Negara Eksportir Dunia

317

Menteri Keuangan Korea Selatan mengatakan hari Jumat bahwa tim negara menteri ekonomi yang baru itu akan melakukan yang terbaik untuk meletakkan dasar untuk membantu negara menjadi eksportir terbesar kelima di dunia dalam waktu dekat.

Korea Selatan adalah eksportir terbesar keenam di dunia tahun lalu dengan $ 440.100.000.000 dalam pengiriman keluar dihitung dalam 10 bulan pertama tahun ini, setelah Tiongkok, Amerika Serikat, Jerman, Jepang dan Belanda.

Namun, ekspor, penggerak utama ekonomi negara ekonomi terbesar keempat di Asia itu, turun selama 12 bulan berturut-turut sepanjang tahun 2015, meningkatkan kekhawatiran bahwa perekonomian negara telah kehilangan tenaga.

“Kami akan menghadapi lingkungan yang sulit tahun ini karena penurunan harga minyak dan perlambatan ekonomi di mitra dagang kami,” kata Menteri Keuangan Yoo Il-ho selama kunjungannya ke pelabuhan Pyeongtaek, salah satu pintu gerbang maritim terbesar di pantai barat .

“Tim ekonomi baru, bagaimanapun, akan mencoba untuk meletakkan batu loncatan untuk lepas landas Korea Selatan untuk menjadi 5 negara pengekspor global dengan menjelajahi pasar baru dan produksi baru dan meningkatkan struktur industri.”

Yoo, yang baru menjabat sebagai Menteri Keuangan Rabu lalu, memilih untuk mengunjungi pelabuhan untuk menunjukkan tekadnya dalam menghidupkan kembali ekspor.

Dalam rencana kebijakannya 2016 yang dirilis Kamis, pemerintah menyatakan akan fokus pada lompatan dengan memulai perekonomian negara dengan berkonsentrasi belanja fiskal untuk mempercepat pemulihan permintaan domestik dan revitalisasi ekspor yang turun.

Yoo mengatakan, pemerintah akan mempertajam daya saing komoditas di pasar internasional dan memilih produk baru yang potensial.

Dia juga berjanji untuk mendorong sektor usaha untuk berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan dalam rangka menata dan memperkuat struktur industri.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here