Penjualan Ritel Singapura Naik Terdorong Penjualan Kendaraan Bermotor

242

Lonjakan besar dua digit dalam penjualan kendaraan bermotor mengangkat penjualan ritel Singapura pada bulan November. Secara tahunan, penjualan ritel tumbuh 4,7 persen, menurut data yang dirilis oleh Departemen Statistik pada hari Jumat (15/01)

Penjualan mobil melompat signifikan 59,7 persen. Jika tidak termasuk penjualan mobil, maka penjualan ritel akan benar-benar jatuh 2 persen.

singapore-retail-sales-annual

Total nilai penjualan ritel pada bulan November 2015 mencapai S $ 3,5 miliar lebih tinggi dari S $ 3,3 miliar dalam November 2014.

Selain dari penjualan mobil, hanya dua segmen lain yaitu department store dan barang medis & perlengkapan mandi yang mengalami pertumbuhan, masing-masing naik 1,3 persen dan 9,6 persen secara tahunan pada bulan November.

Semua segmen lain merosot dalam penjualan ritel, dimana kategori stasiun layanan bensin berkinerja terburuk, dengan penurunan 15,8. Selanjutnya Makanan dan minuman , dengan 11,4 persen penurunan.

Secara musiman yang disesuaikan, penjualan ritel naik 1,4 persen pada November dari bulan sebelumnya.

Tidak termasuk kendaraan bermotor, namun penjualan ini turun 0,6 persen bulan-ke-bulan, penjualan ritel akan meningkat lebih besar 1,9 persen dari Oktober.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here