Pertumbuhan Kredit dan Peredaran Uang Tiongkok Merosot

307

Sebelum pasar keuangan Tiongkok alami kerugian yang cukup besar, ternyata pada bulan Desember tahun 2015 pertumbuhan uang yang beredar dan pinjaman perbankan negeri tersebut alami kemerosotan dibandingkan dengan tahun 2014.

Dari laporan bank sentral Tiongkok (PBoC) hari Jumat (15/01), pinjaman perbankan bulan Desember hanya mencapai  CNY 597.8 miliar sedangkan pada bulan sebelumnya   mencapai CNY 708,9 miliar. Sebelum data ini dirilis, ekonom memperkirakan pinjaman hanya turun sedikit sebesar CNY 700 miliar.

China New Yuan Loans

Sementara itu peredaran uang beredar atau M2 alami kenaikan hingga 13,3 persen secara tahunan, namun lebih sedikit  dari pertumbuhan 13,7 persen pada bulan November. Demikian juga, pertumbuhan M1 turun  ke 15,2 persen dari 15,7 persen.

Dari grafik diatas terlihat pertumbuhan kredit bangsa yang memiliki penduduk terbesar dunia ini, sejak pertengahan tahun terus merosot padahal jika pertumbuhan ini terus meningkat akan mengangkat kondisi perekonomian Tiongkok yang sedang menurun.

Sebagai informasi, pekan ini pasar keuangan Tiongkok alami perdagangan yang sangat buruk baik bursa saham dan juga perdagangan mata uang Yuan, sehingga PBoC harus menstimulus pasar keuangannya namun belum berhasil. Akhir pekan ini indeks bursa saham Shanghai anjlok demikian juga nilai mata uangnya.

 

 

H Bara/VMN/VB/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here