Ekspor Non Minyak Singapura Anjlok Tergerus Kontraksi Tiongkok

225

Ekspor Non-minyak Singapura (NODX) ​​meluncur 7,2 persen pada Desember dari tahun sebelumnya, lembaga perdagangan International Enterprise Singapore mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (18/01). hasil ini di luar ekspektasi perkiraan median dari kontraksi 5,1 persen dalam jajak pendapat Reuters.

Seperti juga penurunan tak terduga 3,4 persen per November di NODX, banyak disebabkan kontraksi dalam pengiriman ke Tiongkok, yang merupakan pasar ekspor terbesar di Singapura pada tahun 2014.

Pengiriman ke seluruh 10 pasar NODX Singapura, kecuali AS, Jepang dan Hong Kong, yang kontraksi pada bulan Desember. Terlepas dari Tiongkok, yang juga jatuh paling tajam adalah Korea Selatan dan Taiwan.

Secara bulanan, NODX turun 3,1 persen bulan lalu, setelah bulan November terjadi 3,8 persen penurunan, karena kontraksi ekspor non-elektronik yang melebihi pertumbuhan datar dalam pengiriman elektronik.

Secara bulanan NODX mencapai S $ 12,5 miliar pada bulan Desember, lebih rendah dari S $ 12,9 miliar di bulan sebelumnya.

NODX ke Tiongkok jatuh 18,7 persen pada Desember, menyusul penurunan bulan sebelumnya 9,1 persen, dipimpin oleh petrokimia (-34,6 persen), bahan kimia utama (-59,6 persen) dan teknik sipil bagian peralatan (-84,9 persen) .

NODX ke Korea Selatan kontraksi dibandingkan dengan 0,5 persen pertumbuhan pada bulan November, karena mesin khusus (-71,4 persen), PC (-54,6 persen) dan peralatan medis (-94,7 persen).

NODX ke Taiwan turun 17,1 persen, setelah 3,7 persen kontraksi pada bulan sebelumnya, karena IC (-40,8 persen), alat ukur (-57,2 persen) dan petrokimia (-27,7 persen).

Kebalikannya, pengiriman Desember ke AS naik 12,8 persen, 14,7 persen untuk Jepang dan 6,3 persen untuk Hong Kong.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here