Harga Rumah Baru di Tiongkok Meningkat

456
Harga Rumah di Tiongkok meningkat pada bulan Desember, khususnya di kota-kota terutama yang kecil, setelah pihak berwenang meluncurkan langkah-langkah pelonggaran menargetkan daerah dengan surplus rumah yang tidak terjual.
 
Harga rumah baru naik di 39 kota, dibandingkan dengan 33 kota pada bulan November, di antara 70 kota yang dilacak oleh pemerintah, Biro Statistik Nasional mengumumkan pada hari Senin (18/01). Harga rumah turun di 26 kota, dibandingkan dengan 27 kota pada bulan November, dan tidak berubah dalam lima kota.
 
Politbiro Tiongkok, pengambil keputusan atas Partai Komunis, bulan lalu berjanji untuk mengurangi persediaan rumah sebagai salah satu tugas utama pada 2016, mendorong harapan langkah-langkah pelonggaran lebih lanjut. Daerah rumah baru yang terjual meningkat 12 persen dari tahun sebelumnya menjadi 441 juta meter persegi (4,7 miliar square feet) pada 30 November, menurut data terbaru yang tersedia dari biro statistik.
 
Perbedaan antara regional dengan kota “masih sangat jelas,” kata biro statistik dalam pernyataan yang dirilis dengan data. “Kenaikan harga rumah di tingkat pertama kota dan beberapa kota populer lapis kedua jelas lebih besar daripada di lain, sementara harga masih jatuh di sebagian besar kota ketiga.”
 
Harga rumah baru di pusat bisnis selatan Shenzhen melonjak 3,2 persen dari bulan sebelumnya, laju tercepat sejak Oktober. Pusat keuangan Shanghai masih tertinggal dari Shenzhen untuk kenaikan 1,9 persen, tercepat dalam enam bulan. Harga dari kedua kota tersebut melonjak 47 persen dan 16 persen dari tahun sebelumnya. Harga naik 0,4 persen di ibu kota Beijing dan 0,7 persen di Guangzhou.
 
Bank sentral telah memangkas suku bunga untuk enam kali sejak November 2014, bersama dengan buruknya di persyaratan cadangan untuk semua bank, membantu untuk membawa tingkat hipotek pribadi ke level terendah dalam lima tahun, menurut Centaline Group. Menambah penurunan kredit, bank sentral tahun lalu juga mengurangi pembayaran persyaratan untuk pembelian rumah pertama dan kedua, memungkinkan calon pembeli untuk meminjam lebih jauh.
 
Harga naik tahun ke tahun di 21 kota dari bulan sebelumnya, sama seperti pada bulan November, kata biro statistik hari Senin. Harga yang rumah existing naik bulan lalu di 37 kota dari bulan sebelumnya, dibandingkan dengan 40 kota pada bulan November.
 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here