Kekuatan Rupiah Terpangkas Lagi, Dollar Masih Sangat Kuat

210

Mengawali perdagangan pasar valas awal  pekan (18/01), kekuatan kurs Rupiah kembali terpangkas selain dilemahkan oleh BI nilai kursnya juga ditekan oleh penguatan dollar di pasar spot sesi Asia meski perdagangan Amerika hari ini libur.

Pekan lalu dollar AS paling kuat diantara kurs utama lainnya sehingga masih terus berdampak pada perdagangan awal pekan ini meski akhir pekan terpotong oleh profit taking. Lemahnya rupiah pagi ini membuat asing melakukan net sell hingga 150 miliar lebih dan dapat bertambah lagi. Sehingga akibatnya IHSG pagi ini terpantau melemah hingga 0,8%.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot pagi ini melemah 0,17% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13932/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13974/US$. Demikian kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini diperlemah   ke 13931  dari hari sebelumnya 13886 pada hari Jumat (15/01).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi menguat  hingga akhir perdagangan sore sekalipun dollar dapat menguat, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13974 resistance  13901  per dollar.  

 

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here