Akhir Positif Indeks Shanghai Terdorong Harapan Stimulus Ekonomi

451
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Selasa (18/01), indeks Shanghai berakhir positif naik 94,70 poin, atau 3,25 persen, pada 3008.54. Penguatan Indeks Shanghai terdorong harapan stimulus baru untuk memperbaiki ekonomi Tiongkok.

Lihat : Indeks Shanghai Bergerak Positif Mengabaikan Pelemahan Data Pertumbuhan Ekonomi

Data ekonomi Tiongkok yang lemah dapat mendorong kebijakan pelonggaran lebih lanjut dari pemerintah pusat, demikian ekonom Barclays mengatakan Selasa. “Data aktivitas turun, penurunan pasar domestik dan pasar keuangan global yang belum diselesaikan membutuhkan kebijakan makro untuk tetap akomodatif untuk periode yang diperpanjang, dalam pandangan kami,”.

Untuk kebijakan moneter selanjutnya, mereka memperkirakan pemotongan dua kali suku bunga pada 25 basis poin dan diperlukan dua kali pemotongan rasio cadangan pada semester pertama tahun ini.

Sehubungan dengan kebijakan fiskal, mereka mengharapkan pelebaran defisit fiskal dan stimulus fiskal yang lebih ditargetkan untuk mendukung konsumsi dan investasi infrastruktur, serta lebih pengurangan pajak perusahaan dan biaya.

Data produk domestik bruto China datang sebagian besar sejalan dengan ekspektasi pasar, meskipun output pabrik dan penjualan ritel merosot sedikit di bawah perkiraan.

Ekonomi Tiongkok tumbuh sebesar 6,8 persen pada kuartal keempat 2014, tergelincir 0,1 persen dari pertumbuhan 6,9 persen pada kuartal ketiga. Hal ini sejalan dengan perkiraan median dalam jajak pendapat Reuters. Sedangkan dalam pertumbuhan tahunan yang sama di 6,9 persen, turun dari 2014 sebsar 7,3 persen, dan laju paling lambat ekspansi ekonomi sejak tahun 1990.

Produksi industri untuk Desember naik 5,9 persen pada laju tahunan, turun dari perkiraan jajak pendapat Reuters untuk peningkatan 6,0 persen. Pada laju tahunan, produksi industri naik 6,1 persen.

Penjualan ritel juga turun sedikit jauh dari harapan untuk Desember, naik 11,1 persen pada laju tahunan, dibandingkan dengan perkiraan untuk 11,3 persen dan sedikit lebih lemah dari kenaikan 11,2 persen bulan November.

Sebelum membuka pasar, Bank Rakyat China (PBOC) menetapkan titik tengah yuan di 6,5596, menjaganya agar tetap stabil mengikuti memperbaiki sesi sebelumnya dari 6,5590.

Pada penutupan perdagangan sore ini, saham-saham yang menguatkan indeks Shanghai adalah saham Poly Real Estate yang naik 8,94%, saham Shanghai Zhenhua Port Machinery naik 5,76%, saham Kweichow Moutai naik 5,35%, saham Founder Technology naik 4,59%, saham Offshore Oil Engineering naik 4,02%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Shanghai masih berpotensi melemah terbatas jika belum dijalankannya stimulus baru oleh pemerintah Tiongkok, namun jika stimulus datang maka dapat memberikan harapan bagi investor dan penguatan bagi bursa Tiongkok . Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2923-2811 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3156-3284.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here