Aussie Rally 2 Hari, Sesi Eropa Tambah Tenaga Dari Tiongkok

298

Kondisi ekonomi Tiongkok yang selalu mempengaruhi pergerakan mata uang Australia sebagai mitra dagang besarnya, kembali menambah tenaga untuk rally Aussie yang terbentuk pada perdagangan awal pekan setelah pekan lalu anjlok secara mingguan.

Intervensi bank sentral Tiongkok terhadap pasar keuangannya telah membuat Aussie rebound kemarin, dan perdagangan hari ini (19/01) Aussie berhasil rally hingga sesi Eropa sore oleh rilis data PDB Tiongkok periode kuartal terakhir tahun 2015 yang sesuai dengan ekspektasi.

Kantor statistik Tiongkok umumkan PDB sepanjang tahun 2015 hanya naik 6,9 persen dan secara kuartalan pada kuartal empat bertumbuh di posisi 6,8%. Demikian juga dengan data produksi industri dan omset ritel bulan Desember meskipun menurun namun masih dalam range ekspektasi.

Dari sisi pergerakan indeks dollar AS perdagangan malam ini,  tidak ada data ekonomi yang kuat dan dapat menggerakkan positif dollar  setelah libur cukup panjang perdagangan sejak akhir pekan lalu. Melihat fundamental yang ada dollar masih berpotensi lanjutkan penguatan.

Pergerakan kurs Aussie  sesi Eropa (11:05:35 GMT) bergerak kuat terhadap dollar AS, setelah dibuka kuat pada 0.6865 di awal perdagangan (00.00 GMT), pair AUDUSD naik 74 pips atau 0,7% dan nilai bergulir berada pada 0.6939.

Namun untuk perdagangan selanjutnya, analyst Vibiz Research Center memperkirakan AUDUSD dapat naik   ke kisaran   0.6967-0.7056.  Dan jika ada koreksi dapat turun  ke kisaran  0.6830-0.6789.

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here