Bursa Eropa Dibuka Positif Mengikuti Kenaikan Bursa Asia

264

Bursa Saham Eropa dibuka menguat pada Selasa (19/01), mengikuti kenaikan bursa Asia setelah data ekonomi Tiongkok dirilis sesuai dengan ekspektasi analis.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik lebih dari 1 persen pada pembukaan awal, dengan semua indeks utama perdagangan di wilayah positif, selain dari Jerman DAX, yang berjuang untuk naik.

Tingkat pertumbuhan ekonomi Tiongkok melambat ke level terendah 25-tahun dari 6,9 persen pada 2015 karena ekonomi negara terbesar kedua di dunia ini terus bergeser jauh dari basis manufaktur.

Ekonomi China tumbuh 6,8 persen pada kuartal keempat 2015 dari periode yang sama tahun lalu, data resmi menunjukkan Selasa.

Angka pertumbuhan, masih sejalan dengan perkiraan untuk pertumbuhan kuartalan 6,8 persen pada tahun, turun dari kuartal ketiga 6,9 persen, menurut jajak pendapat Reuters, yang juga memperkirakan pertumbuhan setahun penuh sebesar 6,9 persen, turun dari tahun 2014 sebesar 7,3 persen.

Indeks Shanghai naik lebih dari 3 persen, sedangkan indeks Hang Seng Hong Kong naik lebih dari 1 persen.

Di Eropa, investor juga bersiap-siap untuk pertemuan ECB Governing Council pada Kamis pekan ini, di mana analis memperkirakan tidak ada perubahan kebijakan utama dan pernyataan dovish dengan pengakuan yang jelas bahwa tindakan yang lebih mungkin di beberapa titik di masa depan.

Harga minyak mentah berjangka masih di bawah tekanan pada Selasa menyusul penurunan curam yang sejak awal tahun karena Iran kembali ke pasar minyak.

Harga minyak mentah berjangka WTI diperdagangkan sekitar $ 29,14 per barel Selasa pagi, turun 28 sen. Harga minyak mentah Brent bulan depan tetap di bawah $ 29 per barel pada $ 28,84 per barel setelah naik tipis di perdagangan Selasa.

Saham AS akan dibuka kembali pada Selasa setelah libur Martin Luther King pada Senin.

Saat ini terpantau Indeks FTSE berada pada posisi 5.867,91, naik 87,99 poin atau 1,52%

Indeks DAX berada pada posisi 9.688,43, naik 166,58 poin atau 1,75%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.268,42, naik 78,85 poin atau 1,88%

Pada sore ini akan dirilis beberapa indikator ekonomi yang didominasi hasil negatif.

Inflation Rate diperkirakan akan stabil.

ZEW Economic Sentimen Index January Euro diindikasikan berdasarkan hasil konsensus akan turun dari hasil sebelumnya. Demikian juga untuk ZEW Economic Sentimen Index January Euro, diindikasikan turun dari hasil sebelumnya.

Construction Output (YoY) November diperkirakan akan turun dari hasil sebelumnya.

ZEW Current Condition Januari Jerman diindikasikan berdasarkan hasil konsensus akan turun dari hasil sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa dapat tertekan dengan hasil indikator ekonomi yang didominasi hasil negatif. Namun bursa Eropa akan memperhatikan pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street, yang jika negatif, juga akan menekan bursa Eropa.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here