Data ZEW Diatas Ekspektasi Tidak Kuat Angkat Euro 19 Januari

639

Pergerakan kurs euro yang sudah lemah sejak awal perdagangan sesi Asia (19/01), sulit keluar dari tekanan jual perdagangan awal pekan hingga sesi Eropa hari ini meskipun sentimen positif sempat membuat pair EURUSD sempat bergerak kuat.

Namun kuatnya dollar hingga perdagangan sore membuat pair lemas kembali melanjutkan pergerakan negatif sebelumnya. Sentimen positif sempat menguatkan pair EURUSD di tengah sesi Eropa saat ZEW merilis data survey  sentimen konsumen bulan Januari yang lebih rendah dari bulan Desember namun diatas ekspektasi ekonom sebelumnya. ZEW Economic sentimen turun ke posisi 10,2 setelah bulan Desember di posisi 16,1 indeks poin.

Dari sisi pergerakan indeks dollar AS perdagangan malam ini,  tidak ada data ekonomi yang kuat dan dapat menggerakkan positif dollar  setelah libur cukup panjang perdagangan sejak akhir pekan lalu. Melihat fundamental yang ada dollar masih berpotensi lanjutkan penguatan.

Pergerakan kurs Euro di sesi Eropa (11:20:35 GMT) bergerak lemas terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lemah  pada   1.0893 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  Euro turun 23 pips  atau 0,2%  dan nilai bergulir  berada pada 1.0870.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair EURUSD dapat turun   ke kisaran  support 1.0837 – 1.0778, namun jika terjadi koreksi dapat naik ke kisaran  1.0924-1.0955.

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here