Dollar AS Sesi Eropa Bertahan Kuat Oleh Data PDB Tiongkok

248

Fokus pasar forex terhadap data pertumbuhan ekonomi Tiongkok kuartal emapt dan sepanjang tahun 2015 membuat pergerakan dollar AS konsolidasi ditengah sepinya data ekonomi signifikan yang mempengaruhi pergerakan mata uang itu sendiri.

Setelah data PDB Tiongkok tersebut dirilis, pasar membeli banyak dollar dikarenakan data masih sesuai ekspektasi meski pertumbuhan ekonomi negeri tersebut menurun dengan PDB terburuk selama 25 tahun terakhir. Kantor statistik Tiongkok umumkan PDB sepanjang tahun 2015 hanya naik 6,9 persen dan secara kuartalan pada kuartal empat bertumbuh di posisi 6,8%. Demikian juga dengan data produksi industri dan omset ritel bulan Desember meskipun menurun namun masih dalam range ekspektasi.

Malam ini pada sesi Amerika tidak ada data ekonomi yang kuat dan dapat menggerakkan positif dollar AS setelah libur cukup panjang perdagangan sejak akhir pekan lalu. Melihat fundamental yang ada dollar masih berpotensi lanjutkan penguatan.

Untuk pergerakannya di pasar spot terkini, indeks dollar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap rival utamanya bergerak kuat  setelah dibuka   pada 99,09  awal sesi Asia, dan  kini bergerak pada kisaran 99,15 (10:30:00 GMT). Untuk pergerakan selanjutnya analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks bergerak dalam kisaran resisten pada 99,30-99,41 dan kisaran support 98,85-98,45.

 

 

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here