Harga Produsen Korsel Merosot ke Posisi Terendah 6 Tahun

286

Harga produsen di Korea Selatan merosot ke posisi terendah enam tahun baru pada bulan Desember karena sebagian besar akibat penurunan harga barang-barang industri, data bank sentral menunjukkan hari Selasa (19/01).

Indeks harga produsen datang ke 99,06 bulan lalu, turun dari revisi 99,25 pada bulan sebelumnya, menurut data awal dari Bank of Korea.

south-korea-producer-prices

Harga produsen berfungsi sebagai barometer inflasi konsumen di masa depan.
Hasil Desember menandai penurunan 0,2 persen pada laju bulanan, melambat dari pemotongan 0,4 persen di bulan sebelumnya.

Namun, Desember indeks menandai bulan keenam berturut-turut mengalami penurunan dari bulan sebelumnya. Dari tahun sebelumnya, angka Desember menandai penurunan 3,93 persen.

south-korea-producer-prices-change

Penurunan itu sebagian besar disebabkan oleh penurunan harga produk industri, yang tergelincir 0,5 persen pada bulan, sementara indeks untuk barang pertanian melonjak 1,7 persen dari bulan sebelumnya.

Harga batubara dan minyak bumi terus menunjukkan luka besar di tengah penurunan harga minyak dunia, terjun 23,5 persen pada tahun pada bulan Desember, menurut data BOK.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here