Bursa Hong Kong Berakhir Tergerus Kekuatiran Keluarnya Arus Dana dan Ekonomi Tiongkok

323
indeks hang seng

Pada penutupan perdagangan Kamis (21/01), indeks Hang Seng di Bursa Hongkong ditutup merosot tajam -344,15 poin, atau -1,82 persen, pada 18,542.15. Merosotnya indeks Hang Seng tertekan kekhawatiran atas arus keluar dan dan perlambatan ekonomi Tiongkok.

Lihat :Pembukaan Indeks Hang Seng Rebound Oleh Penguatan Dollar Hong Kong

Indeks Hang Seng merosot 1,8 persen pada penutupan, membuat rasio harga buku di bawah satu. Terakhir kali diperdagangkan di bawah level tersebut, saat krisis keuangan Asia yang telah mengguncang pasar di kawasan itu dan ledakan gelembung properti. Dolar Hong Kong diperdagangkan mendekati level terendah sejak Agustus 2007, sementara harga pasar uang patokan melonjak ke level tertinggi sejak Mei 2009.

Uang mengalir keluar dari Hong Kong, salah satu ekonomi paling terbuka di dunia, karena pertumbuhan Tiongkok melambat untuk laju terlemah sejak tahun 1990 dan spekulan bertaruh pada mengakhiri mata uang kota terhadap dolar. Arus keluar modal yang mendorong kenaikan suku bunga acuan, mempertinggi kekhawatiran bahwa biaya pendanaan yang lebih tinggi akan membebani perbankan dan real estate industri kota.

Indeks Hang Seng telah anjlok 15 persen tahun ini, sementara dolar Hong Kong merosot ke level terendah mereka abad ini pada Rabu. Lebih dari setengah dari saham dengan 50 anggota diperdagangkan pada rasio harga buku di bawah satu, dengan New World Development Co dan Wharf Holdings Co harga kurang dari 0,4 kali nilai aktiva bersih mereka, data yang dikumpulkan oleh Bloomberg . Centaline Property Agency Ltd. mengukur harga rumah sekunder telah merosot hampir 9 persen dari rekor September-nya.

Analis memperkirakan laba per saham untuk Indeks Hang Seng turun 11 persen dalam 12 bulan ke depan, data yang dikumpulkan oleh Bloomberg menunjukkan.

Pada penutupan perdagangan saham sore ini, saham-saham yang menekan bursa Hong Kong adalah saham China Resources Beer Holdings Company Ltd yang turun -14,11, saham Henderson Land Development Co Ltd turun -6,10%, saham China Overseas Land & Investment Ltd turun -4,84%, saham New World Development Co Ltd turun -4,39%, saham Hang Lung Properties Ltd turun -4,26%.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng terpantau turun -126 poin atau -0,67% pada 18,625.00, turun dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 18,751.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Hang Seng selanjutnya masih berpotensi melemah terbatas merespon kekuatiran perekonomian domestik dan Tiongkok serta minyak mentah. Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak di kisaran Support 18.208-17.702 dan kisaran Resistance 19.221-19.728.


Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here