Kenaikan Harga Minyak Sesi Asia Angkat Harga Karet Tocom

606

Harga karet Tocom pada perdagangan Kamis siang (21/01) mencatatkan hasil positif. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Juni 2016 menguat terdorong naiknya harga minyak mentah pada sesi perdagangan Asia siang.

Harga minyak mentah WTI stabil di perdagangan Asia Kamis pagi setelah mencapai posisi terendah tahun 2003 di sesi sebelumnya, tetapi analis mengatakan kekenyangan global yang terus-menerus akan terus menekan pasar.

Minyak berjangka AS jatuh di bawah $ 27 dolar per barel pada Rabu untuk pertama kalinya sejak tahun 2003, terjebak dalam kemerosotan yang luas di seluruh pasar keuangan dunia karena para pedagang khawatir bahwa kelebihan pasokan besar dalam minyak bertepatan dengan perlambatan ekonomi, terutama di Cina.

Pada awal perdagangan Kamis, harga minyak stabil, dengan harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) bulan depan di perdagangan $ 28,70 per barel pada 0021 GMT.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Juni 2016 hari ini mengalami kenaikan sebesar 0,2 yen pada posisi 156,90 yen per kilogram, dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 156,70 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari masih berpotensi menghadapi tekanan negatif pelemahan harga minyak mentah dengan sentimen masih melimpahnya persediaan pasokan minyak mentah dunia. Demikian juga perlu diperhatikan potensi penguatan kurs Yen.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 152,00 yen. Support selanjutnya ada di 147,00 yen. Sementara itu jika harga melanjutkan penguatan akan menemui resistance di posisi 162,00  yen dan 167,00  yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here