Preview: Keputusan tingkat bunga zona Euro

306

Akankah kekacauan di pasar global dan kekuatiran yang meningkat mengenai pertumbuhan ekonomi meyakinkan ECB untuk menurunkan target inflasinya dan melakukan stimulus moneter tambahan?

Pertanyaan-pertanyaan ini dan yang berhubungan dengannya akan menjadi pusat perhatian pada malam hari ini pada saat orang sedang menunggu pengumuman ECB, yang diikuti dengan konferensi pers. Pada pertemuan bulan yang lalu, ECB memperpanjang pembelian obligasi dengan pencetakan uang yang baru sampai bulan Maret 2017.

Tetapi yang mengejutkan para analis adalah ECB tidak meningkatkan jumlah pembeliannya. Tingkat bunga deposito bank dipotong sedikit lebih dalam ke teritori negatif, walaupun pasar menantikan pengurangan yang bahkan lebih besar.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah ECB akan terpaksa bertindak dengan tindakan yang lebih berani dengan meningkatnya kekuatiran mengenai resiko dalam perdagangan. Sementara itu angka-angka belakangan ini menunjukkan ekonomi zona Euro kelihatannya relatif stabil.

Inflasi konsumen utama sampai bulan Desember tetap sedikit positip di 0.2% dalam perbandingan tahunan sementara inflasi inti naik lebih kuat 0.9% dibandingkan dengan level tahun yang lalu. Selain itu, Eurostat kemarin melaporkan bahwa harga perumahan di area Euro dibukukan dengan kenaikan terkuat sejak 2008.

Pertumbuhan GDP kuartal keempat untuk zona Euro diperkirakan secara luas akan naik 0.4% dibandingkan dengan di kuartal ketiga dan naik ke 0.5% di kuartal pertama tahun ini, menurut Now-casting.com. Tetapi dengan sentimen pasar yang terus menurun, persepsi kemungkinan akan lemah.

Akankah mood yang semakin gelap di pasar menggerakkan ECB untuk bertindak? Kebanyakan analis memperkirakan kalaupun akan terjadi, sedikit yang dilakukan. Tetapi jika nanti ada kejutan melalui tindakan kebijakan yang baru, keputusan ECB yang demikian akan dianggap sebagai tanda bahwa bank sentral Uni Eropa ini sedang menurunkan ekspektasi tingkat pertumbuhannya.

Menurut Forexcrunch, kali ini diperkirakan tidak ada perubahan yang terjadi, tetapi kita bisa mendapatkan petunjuk tentang apa yang ECB akan lakukan di bulan Maret ketika perkiraan yang baru dipublikasikan.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here