Akhir Pekan Indeks Shanghai di Zona Hijau Terbantu Harapan Stimulus ECB dan BOJ

441
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Jumat (22/01), indeks Shanghai berakhir pekan di zona hijau, naik 36,12 poin, atau 1,25 persen, ke 2916.60. Penguatan indeks Shanghai terdorong rally bursa global yang didukung harapan stimulus ECB dan BOJ.

Lihat : Indeks Shanghai Berawal Rebound Terdukung Kenaikan Minyak Mentah dan Kebijakan Pengurangan Batubara

Mario Draghi, Presiden Bank Sentral Eropa, mengatakan Kamis bank sentral akan “meninjau dan karena itu mungkin mempertimbangkan kembali” kebijakan pada pertemuan Maret, setelah menjaga suku bunga utama ditahan pada pertemuan Kamis-nya.

Harapan juga tumbuh bahwa Bank of Japan (BOJ) mungkin memperluas langkah-langkah pelonggaran moneter pada pertemuan 28 Januari nya, setelah Nikkei Asia Review melaporkan Jumat BOJ sedang mempertimbangkan “pelonggaran tambahan (kebijakan)” sebagai penurunan harga minyak yang menekan pada target inflasi 2 persen bank.

Pada penutupan perdagangan indeks Shanghai sore ini, saham-saham yang menguatkan adalah saham Beijing Gehua CATV Network yang naik 4,61%, saham Sinopec Shanghai Petrochemical naik 3,96%, saham Inner Mongolia BaoTou Steel Union naik 2,61%, saham Shanghai Pudong Development Bank naik 2,59%, saham Tongfang naik 2,33%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi melemah terbatas tertekan kekuatiran perlambatan ekonomi Tiongkok dan masih dinantikan stimulus yang tepat dari pemerintah Tiongkok untuk menguatkan ekonominya. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2811-2680 dan jika menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3053-3203.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here