BOJ Siapkan Stimulus Pelonggaran Moneter Menghadapi Perlambatan Ekonomi

449

Bank of Japan mengambil tindakan serius memperluas langkah-langkah pelonggaran moneter dengan merosotnya harga minyak membebani target inflasi 2% bank sentral. Penguatan yen dan penurunan harga saham juga akan dibahas dalam dua hari pertemuan dewan kebijakan bank sentral yang dijadwalkan mulai 28 Januari.

Gubernur BOJ, Haruhiko Kuroda mengatakan kepada komite audit majelis tinggi Kamis bahwa bank akan “terus hati-hati memantau” dampak gejolak pasar yaitu pada harga ekonomi dan konsumen. Bank juga akan membuat “penyesuaian kebijakan tanpa ragu-ragu” jika dianggap perlu untuk mencapai tujuan 2%, katanya.

Dengan rally saham didorong oleh program ekonomi abenomics Perdana Menteri Shinzo Abe sekarang dalam bahaya, harapan tumbuh di dalam pemerintahan dan partai yang berkuasa untuk melakukan  langkah-langkah pelonggaran tambahan.

Merumuskan langkah-langkah kebijakan moneter tertentu harus diserahkan kepada BOJ, kata Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga dalam konferensi pers Kamis, sebelum menambahkan: “Saya percaya BOJ akan fokus” pada kondisi saat ini.

Bank sentral akan menurunkan perkiraan pertumbuhan harga fiskal konsumen 2016 dari 1,4% menjadi sekitar 1% atau lebih rendah ketika ia menyampaikan Outlook for Economic Activity and Prices pada 29 Januari. BOJ kemungkinan juga akan memperpanjang jangka waktu untuk mencapai target inflasi 2% “di sekitar paruh kedua fiskal 2016”.

Banyak berpendapat sampai saat ini bahwa bank harus memantau situasi harga konsumen sampai sekitar musim semi sebelum membuat keputusan tentang pelonggaran tambahan. Namun, pasar keuangan telah goyah sejak awal tahun dan efek mengancam dalam ekonomi riil.

Merosotnya minyak mentah telah mengubah pemikiran BOJ. “Jika penurunan harga konsumen akibat anjloknya minyak mentah membuat banyak orang merasa bahwa harga cenderung naik, maka kita harus mempertimbangkan pelonggaran tambahan,” kata seorang pejabat senior BOJ.

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here