Harga Emas Turun Paska Hasil Pertemuan ECB

586

Harga Emas jatuh pada penutupan perdagangan Jumat dinihari (22/01)  setelah membukukan kenaikan terbesar satu hari dalam dua minggu sehari sebelumnya, sebagai petunjuk dari stimulus lebih lanjut dari Bank Sentral Eropa menekan euro dan rebound di saham global menahan penghindaran risiko.

Gejolak di pasar keuangan dan kekhawatiran atas Tiongkok dan pasar negara berkembang lainnya akan meminta review Maret kebijakan moneter ECB, Presiden Mario Draghi mengatakan setelah pertemuan, yang mengulurkan prospek pelonggaran lebih lanjut.

Harga emas spot turun 0,1 persen pada $ 1,099.70 per ons setelah sebelumnya jatuh 0,8 persen menjadi $ 1,092.15. Ini terjadi karena dolar AS berbalik lebih rendah.

Sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman Februari turun 0,7 persen menetap di $ 1,099.20 per ons.

Harga minyak dan pasar ekuitas global rebound, setelah beberapa hari yang penuh gejolak yang menyapu triliunan dolar dari nilai aset, meskipun tidak jelas apakah tindakan jual kuat telah berakhir.

Dolar naik menjadi terkuat terhadap euro dalam dua minggu pada komentar Draghi.

Permintaan emas fisik di Asia melambat pekan ini karena harga naik, membatasi pembelian musiman di Tiongkok menjelang liburan besar dan memaksa penjual di India untuk menawarkan diskon.

Di antara logam mulia lainnya, harga platinum naik 0,05 persen pada $ 818,40 per ons, setelah jatuh ke level terendah 7 tahun di $ 806,31. Harga Paladium naik 0,9 persen pada $ 497,30 per ons dan harga perak turun 0,4 persen pada $ 14,11.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan harga emas masih tertekan penguatan dollar AS yang akan merespon data home sales yang akan dirilis nanti malam yang diindikasikan positif. Harga emas akan menembus level Support pada kisaran $1,098-$1,096. Namun jika berbalik rebound menembus level Resistance $1,102-$1,104.

 

Freddy/VMN/ VBN/ Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here