Pengangguran Malaysia Bertambah 2500 Orang Dalam Sebulan

758

Pertumbuhan ekonomi Malaysia pada kuartal ketiga lalu yang merosot sekaligus menunjukkan ekonomi negara ini sepanjang tahun menurun. Terlihat juga dengan nilai mata uangnya terhadap dollar AS sepanjang tahun 2015 melemah. Demikian juga dengan tingkat pengangguran negeri jiran ini alami peningkatan jumlah pengangguran.  

Departemen Statistik Malaysia siang ini (22/01) kembali merilis data tingkat pengangguran bulanan negaranya untuk periode yang berakhir pada November 2015. Dalam publikasi resmi siang ini terpantau bahwa tingkat pengangguran Malaysia di bulan tersebut meningkat dari  yang tercatat di bulan sebelumnya yaitu sebesar 3,2 peren atau naik 2500 orang.

Sementara itu jika dibandingkan dengan bulan November  2014, tingkat pengangguran tahun ini terpantau lebih tinggi karena tahun lalu hanya tercatat sebesar 2,7 persen yang dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Malaysia Unemployment Rate

Secara rinci tercatat bahwa jumlah pengangguran di negara yang serumpun dengan bangsa Indonesia ini mencapai 453.300 orang pada bulan November, naik dari 450.800 orang  pada bulan sebelumnya dan setahun yang lalu jumlahnya  375.100 orang.

Sementara itu disaat menurunnya  orang yang bekerja   pada bulan November, tingkat partisipasi angkatan kerja di negara ini  turun menjadi 67,7 persen pada bulan November dari 67,9 persen bulan sebelumnya.

 

 

H Bara/VM/VBN/ Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here