Harga Karet Tocom Dikuatkan Kenaikan Harga Minyak Mentah

285

Harga karet Tocom pada perdagangan Senin pagi (25/01) mencatatkan hasil positif. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Juni 2016 menguat terdorong naiknya harga minyak mentah pada sesi perdagangan Asia pagi ini.

Harga minyak mentah berjangka memperpanjang kenaikan pada hari Senin menyusul lonjakan pada akhir pekan lalu terdorong aksi short-covering dan permintaan bahan bakar yang dipicu oleh cuaca dingin di belahan bumi bagian utara.

Harga minyak mentah berjangka WTI naik 5 sen menjadi $ 32,24 per barel, dibandingkan dengan sesi tinggi pada $ 32,64 dan penyelesaian sebelumnya di $ 32,19 per barel.

Harga minyak mentah berjangkan Brent naik 8 sen menjadi $ 32,26 per barel setelah menyentuh $ 32,69 per barel pada hari sebelumnya.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Juni 2016 hari ini mengalami kenaikan sebesar 1,4 yen pada posisi 162,70 yen per kilogram, dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 161,30 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari masih berpotensi menghadapi penguatan dengan perkiraan kenaikan harga minyak mentah terkait masih berlangsungnya cuaca musim dingin yang meningkatkan permintaan minyak pemanas. Namun tetap juga perlu diperhatikan potensi penguatan kurs Yen.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level Resistance di posisi 168,00 yen. Support selanjutnya ada di 173,00 yen. Sementara itu jika harga retreat akan menemui Support di posisi 158,00  yen dan 153,00  yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here