Inflasi Singapura Turun 14 Bulan Berturut, Terpicu Biaya Transportasi dan Perumahan

292

Inflasi Singapura turun untuk 14 bulan berturut-turut, lebih lambat dari yang diperkirakan pada bulan Desember, terutama disebabkan penurunan tajam biaya transportasi jalan pribadi seperti biaya bensin, dan juga biaya perumahan serta harga keseluruhan layanan.

Inflasi turun 0,6% pada Desember dari tahun sebelumnya, dibandingkan dengan estimasi median untuk 0,7% penurunan oleh analis yang disurvei oleh The Wall Street Journal, dan penurunan 0,8% pada bulan November.

singapore-inflation-cpi

Untuk seluruh 2015, semua item harga konsumen turun 0,5 persen dari kenaikan 1 persen pada 2014, pada penurunan biaya perumahan dan transportasi.

Dengan latar belakang inflasi yang rendah, anjloknya harga minyak dan pertumbuhan global hangat, ada spekulasi bahwa Otoritas Moneter Singapura (MAS) akan bergerak untuk menurunkan dolar Singapura pada tinjauan kebijakan berikutnya pada bulan April.

MAS dan Departemen Perdagangan dan Industri (MTI), yang merilis angka dalam pernyataan bersama pada hari Senin (25/01), mengatakan ada “ketidakpastian yang signifikan” atas prospek harga minyak global untuk tahun ini dan mereka akan “terus erat memantau perkembangan harga minyak dunia dan menilai dampaknya terhadap inflasi domestik. “

Inflasi inti MAS, yang tidak termasuk biaya akomodasi dan transportasi jalan pribadi, naik menjadi 0,3 persen pada Desember dari 0,2 persen bulan lalu, karena inflasi layanan yang lebih tinggi. Para ekonom mengharapkan angka ini untuk terus stabil.

Untuk seluruh 2015, inflasi inti MAS turun tajam menjadi 0,5 persen dari 1,9 persen untuk 2014.

Untuk Desember, biaya transportasi jalan swasta turun 1,1 persen, turun sedikit dari penurunan 1,7 persen per bulan November. Harga Bensin naik pada laju yang lebih cepat pada basis tahun-lalu pada bulan Desember, karena basis yang relatif rendah pada periode yang sama tahun lalu. Ini lebih dari mengimbangi penurunan lebih besar dalam harga mobil terlihat di Desember di tengah lemah Sertifikat Hak (SBH) premi.

Biaya akomodasi adalah 3,0 persen lebih rendah pada bulan Desember, mirip dengan penurunan pada bulan sebelumnya, mencerminkan pasar sewa perumahan turun. Biaya perumahan telah jatuh berikut beberapa putaran langkah penurunan pasar properti yang diadopsi sejak 2009.

Inflasi layanan keseluruhan menjadi 0,9 persen pada Desember dari 0,7 persen pada bulan sebelumnya, karena kecepatan yang lebih cepat dari kenaikan biaya perjalanan liburan dan penurunan yang lebih kecil dalam biaya jasa telekomunikasi.

Inflasi makanan turun tipis menjadi 1,5 persen dari 1,6 persen bulan lalu, seperti kenaikan harga makanan siap saji(seperti jajanan makanan).

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here