Kepercayaan Bisnis di Jerman Merosot

239

Kepercayaan bisnis Jerman merosot untuk bulan kedua di bulan Januari sebagai tanda bahwa perusahaan di negara dengan ekonomi terbesar di Eropa ini semakin khawatir tentang perlambatan pertumbuhan global.

Indeks iklim bisnis Ifo institute turun menjadi 107,3 ​​dari 108,6 pada bulan Desember yang direvisi. Estimasi median dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom adalah untuk penurunan ke 108,4.

germany-business-confidence

Manufaktur Jerman semakin berisiko dari perlambatan dalam perdagangan global, dengan pelemahan pertumbuhan ekonomi Tiongkok dalam lebih dari dua dekade melemparkan pasar ke dalam kekacauan dan Dana Moneter Internasional merendahkan prospek untuk 2016. Meski begitu, Bundesbank tetap yakin bahwa ekspor akan naik dan memprediksi bahwa suku bunga rendah dan turunnya jumlah pengangguran terus mendukung permintaan domestik.

“Risiko ekonomi internasional yang lebih besar, terutama ketidakpastian tentang ekonomi Tiongkok, yang merusak harapan bisnis, terutama yang tergantung pada ekspor manufaktur,” ekonom di DZ Bank AG di Frankfurt yang dipimpin oleh Michael Holstein menulis dalam sebuah catatan klien menjelang rilis.

Kepercayaan investor Jerman jatuh untuk pertama kalinya dalam tiga bulan pada bulan Januari dan indeks DAX patokan yang telah menurun lebih dari 10 persen sejak awal Desember.

Produsen dan penyedia layanan sejauh ini mengabaikan ketidakpastian. Sementara Indeks Pembelian Manajer untuk kedua industri tergelincir pada bulan Januari ke level terlemah dalam tiga bulan, pesanan baru meningkat dan pasar tenaga kerja terus menguat, demikian dilaporkan Markit Economics yang berbasis di London, Jumat.

Produk domestik bruto Jerman naik 1,7 persen pada 2015. Bundesbank memperkirakan pada bulan Desember perekonomian akan bertumbuh 1,8 persen tahun ini dan 1,7 persen pada tahun 2017.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here