Eskspor Tahunan Hong Kong Turun Pertama Kali Sejak 2009

584

Ekspor Hong Kong tahun lalu membukukan penurunan tahunan pertama sejak 2009, yang mencerminkan produksi regional dan aktivitas perdagangan yang turundi tengah permintaan global yang lesu.

Pada bulan Desember, nilai total ekspor barang menurun 1,1 persen secara tahunan ke HK $ 309.2 miliar, setelah jatuh dari tahun ke tahun sebesar 3,5 persen pada November, kata Departemen Sensus dan Statistik.

hong-kong-exports

Untuk tahun 2015 secara keseluruhan, nilai ekspor barang kota menurun 1,8 persen dari 2014.

Membandingkan Desember 2015 dengan Desember 2014, total ekspor ke Asia secara keseluruhan turun sebesar 0,1 persen.

Nilai total ekspor juga jatuh ke beberapa tujuan utama di wilayah lain. Ekspor ke Inggris turun 3,8 persen dari tahun sebelumnya, sementara ekspor ke Amerika Serikat merosot 0,7 persen pada Desember.

Pemerintah memperingatkan bahwa lingkungan perdagangan asing tetap menantang.

Kepala ekonom Bank Hang Seng, Thomas Shik Chun-sing mengatakan perlambatan pertumbuhan global telah mengurangi permintaan untuk ekspor. Tapi dia mengecilkan kemungkinan kemerosotan terus, mengatakan bank sentral di seluruh dunia yang siap untuk menyuntikkan stimulus segar ke perekonomian mereka.

“Pasar mengharapkan lebih lambat kenaikan suku bunga di AS, sementara zona euro dan Jepang akan lebih melonggarkan kebijakan moneter,” kata Shik.

Bank memperkirakan ekonomi global akan membaik pada babak kedua dan bahwa ekspor Hong Kong akan tumbuh sebesar 2 persen sepanjang tahun.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here