Kekuatan Yen Hingga Sesi Eropa Terus Menyusut

209

Pergerakan kuat kurs yen terhadap dollar semakin susut sejak perdagangan sesi Eropa saat dollar AS mulai beranjak kuat oleh kenaikan harga minyak mentah dan merespon data ekonomi AS yang akan dirilis pada sesi malam. Sejak perdagangan awal pekan yen rally oleh kehatian pasar menanti keputusan rapat FOMC yang akan dimulai malam nanti sehingga aset safe haven diburu.

Namun tampaknya keraguan pasar mulai reda masuki perdagangan sesi Eropa saat harga minyak mentah mulai naik kembali setelah awal pekan anjlok cukup parah oleh profit taking pasar akibat kekhawatiran kondisi ekonomi global.

Selain itu ekspektasi pasar akan rapat kebijakan moneter BOJ yang akan berakhir hari Jumat nanti tidak akan mengubah kebijakan moneternya. Sentimen ini juga yang membuat fundamental yen lemah dan sekarang mengikuti pergerakan dollar AS yang sedang kuat.

Pergerakan kurs yen  di  sesi Eropa (10:45:35 GMT) masih kuat  terhadap dollar AS,  USDJPY dibuka lemah pada  118,30 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  yen naik 9 pips  atau 0,01% dan nilai pair bergulir  berada pada 118,21.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  nanti, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY dapat naik  ke level 118.70-119,11, namun jika tidak berhasil tembus maka akan terjadi koreksi turun ke kisaran 118,03- 117,77.

 

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here