Bursa Eropa Dibuka Negatif Tertekan Pelemahan Minyak Mentah

1116

Bursa Eropa dibuka negatif pada pembukaan perdagangan saham hari Rabu (27/01) tertekan harga minyak mentah yang turun dan menjelang hasil pertemuan Federal Reserve yang dirilis hari ini.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 0,5 persen.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 5.883,46, turun -28,00 poin atau -0,47%

Indeks DAX berada pada posisi 9.766,29, turun -56,46 poin atau -0,57%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.337,32, turun -19,49 poin atau -0,45%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.624,30, turun -68,20 poin atau -0,78%

Pasar global akan fokus untuk hasil pertemuan The Fed pada Rabu. Federal Open Market Committee memulai pertemuan dua hari mulai Selasa dan dijadwalkan akan merilis pernyataan Rabu sore.

Tidak ada perubahan suku bunga yang diharapkan tetapi investor akan mencermati pernyataan untuk wawasan pandangan pembuat kebijakan pada lingkungan ekonomi dan pengetatan selanjutnya.

Bursa saham AS ditutup lebih tinggi Selasa, dibantu oleh kenaikan harga minyak mentah, tapi di sesi Asia, harga minyak mentah AS berjangka turun lebih dari 3 persen untuk mencapai level $ 30 barel lagi.

Di Asia, pasar sebagian besar diperdagangkan lebih tinggi tetapi pasar saham Tiongkok negatif. Menambah kekhawatiran atas pertumbuhan ekonomi Tiongkok dan depresiasi yuan, pasar saham di Tiongkok mendapat berita buruk pada hari Rabu setelah data menunjukkan keuntungan industri China turun 4,7 persen secara tahunan pada bulan Desember, menurun untuk bulan ketujuh.

Stok minyak dan gas yang lebih rendah sementara banyak dari para penambang turun di tengah kekhawatiran permintaan China. Perusahaan lain yang juga terkena harga minyak yang rendah terus.

Jerman BASF, perusahaan kimia terbesar di dunia menyatakan pendapatan 2015 akan lebih rendah dari yang diharapkan setelah mengambil biaya penurunan divisi minyak dan gas yang dihasilkan dari harga minyak yang rendah.

Dalam ruang perbankan, Nordea melaporkan laba di bawah ekspektasi pada kuartal keempat, sementara dividen kurang dari yang diperkirakan analis. Laba operasional tercapai € 1,03 miliar, turun dari 1,16 miliar tahun lalu, membuat saham turun lebih dari 4 persen.

Santander, bank terbesar zona euro, membukukan kenaikan 0,3 persen pada laba bersih kuartal keempat dari tahun sebelumnya, namun saham perusahaan pemberi pinjaman tersebut turun tipis.

Saham Royal Bank of Scotland jatuh setelah mengatakan akan mencapai £ 2,5 miliar ($ 3,58miliar) untuk laba kuartal keempat setelah menyisihkan lebih banyak uang untuk menangani litigasi yang sedang berlangsung dan isu-isu lainnya.

Berita laporan pendapatan lainnya, pendapatan kuartal keempat raksasa farmasi Novartis Swiss mempersiapkan untuk merombak divisi Alcon, sebuah tugas yang dibebankan kepada kepala eksekutif Joe Jimenez, yang mengatakan kepada CNBC dia tidak berharap untuk terjadi “perbaikan cepat.” Saham Novartis melemah tajam.

Sementara itu, pembuat peralatan jaringan mobile Swedia Ericsson melaporkan kenaikan 68 persen pada laba bersih secara tahunan pada kuartal keempat, dibantu oleh kesepakatan lisensi yang sebelumnya telah ditandatangani dengan Apple. Namun, saham diperdagangkan lebih rendah.

Dalam berita lainnya, Asuransi Zurich telah mendekati Chief Executive Generali, Mario Greco dalam sebuah langkah dengan harapan perusahaan asuransi Swiss akan menghidupkan kembali keberuntungan dan yang meninggalkan rival Italia yang mencari pengganti yang layak, Reuters melaporkan.

Dalam berita lainnya, Shell akan mengadakan rapat umum di mana pemegang saham diharapkan untuk memberikan suara pada pengambilalihan yang diusulkan dengan BG.

Pemasok Eropa Apple juga dalam fokus bagi investor setelah raksasa teknologi AS melihat penjualan iPhone datang di bawah ekspektasi, Selasa.

Inggris ARM dan Dialog Semiconductor berdua di wilayah negatif. Namun, STMicro naik lebih dari 5 persen setelah mengumumkan rencana restrukturisasi besar-besaran yang akan memotong 1.400 pekerjaan global.

Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan AS, yang diindikasikan berdasarkan hasil konsensus akan berada pada 3.3M, turun dari hasil sebelumnya pada 3.979M.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan jika hasil penurunan persediaan minyak mentah mingguan AS terealisir menurun, maka diperkirakan akan mengangkat harga minyak mentah, yang juga dapat mendukung kenaikan bursa Eropa.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here