Harga Timah Menguat Terdorong Peningkatan Impor Tiongkok

284

Harga timah di bursa Malaysia melonjak pada perdagangan Rabu (27/01). Kenaikan tajam harga timah terdorong meningkatnya impor timah Tiongkok.

Pihak pabean Tiongkok, di data mereka, menyatakan bahwa negara itu mengimpor timah konsentrat 4,8% lebih, konsentrat tembaga 12,5% lebih dan 47,4% lebih seng konsentrat pada tahun 2015 dibandingkan tahun 2014. Impor yang tinggi kemungkinan besar karena kapasitas peleburan tinggi di Tiongkok dan pemurnian dan pengolahan biaya yang menarik.

Data secara keseluruhan menguatkan permintaan yang kuat Tiongkok untuk logam. Permintaan Tiongkok kemungkinan akan menuntut jumlah besar logam pada tahun 2016 sebagai langkah pembangunan infrastruktur dan harga rendah.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami lonjakan siang ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 13.950 dollar per ton, naik sebesar 330 dollar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya untuk jangka pendek akan mencoba mempertahankan penguatan menghadapi level resistance di posisi 14.150 dollar dan 14.350 dollar. Akan tetapi jika terjadi retreat dan melemah harga tembaga akan menghadapi level support di 13.750 dollar dan 13.550 dollar.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here