Inflasinya Australia Turun Karena Penurunan Harga BBM

315

Australia merupakan negara tetangga Indonesia merupakan salah satu negara maju dan memiliki perekonomian maju pula serta diimbangi dengan sumber daya yang berkualitas. Pertumbuhan ekonomi Australia cukup fenomenal dan negara ini adalah satu diantara lima negara maju pertama di dunia. Empat komponen utama dari sistem ekonomi Australia adalah perdagangan, manufaktur, jasa dan keuangan. Sayang, sepertinya beberapa tahun belakangan pertumbuhan ekonomi di negara ini kian melambat.

Pada hari ini (27/1/2016) Biro Statistik Nasional Australia melaporkan bahwa Indeks Harga konsumen di Australia tumbuh sebesar 0,4 persen pada kuartal pertama tahun 2015. Meskipun secara tahunan inflasi berhasil tumbuh sebesar 1.3 persen , namun pada laju kuartalan, inflasi di Negeri Kanguru pada Q4 2015  menunjukkan penurunan  pertumbuhan dari Q4 2014 sebelumnya. 

Australia Inflation Rate QoQ

Adapun beberapa hal yang cukup mempengaruhi laju inflasi Australia pada kuartal terakhir tahun 2015 antara lain harga tembakau  melonjak 7,4 persen (QoQ),  biaya perjalanan liburan domestik  dan akomodasinya  naik 5,9 persen  dan perjalanan liburan internasional dan akomodasi naik 2,4 persen.

Sementara itu penurunan laju inflasi pada kuartal terakhir dipicu paling signifikan oleh turunnya  harga bahan bakar kendaraan bermotor yang turun -5,7 persen, harga peralatan telekomunikasi dan jasa turun -2,4 persen dan harga buah  -2,6 persen.

 

 

H Bara/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here