Penutupan Indeks Shanghai Tergerus Pelemahan Keuntungan Industri

692
shanghai index

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Rabu (27/01), indeks Shanghai ditutup di zona negatif, turun -13,65 poin, atau -0,50 persen, ke 2736.13. Berlanjutnya pelemahan indeks Shanghai tergerus keuntungan industri yang merosot, yang semakin meningkatkan kekuatiran terjadinya perlambatan ekonomi Tiongkok.

Lihat :Awal Pergerakan Indeks Shanghai Negatif Tertekan Merosotnya Keuntungan Industri

Keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan-perusahaan industri Tiongkok di bulan Desember turun 4,7 persen dari tahun sebelumnya, yang merupakan penurunan bulan ketujuh, karena perlambatan ekonomi yang memukul penjualan dan memaksa banyak perusahaan untuk memotong harga untuk memenangkan bisnis.

Keuntungan industri, yang meliputi perusahaan besar dengan pendapatan tahunan lebih dari 20 juta yuan ($ 3,1 juta) dari operasi utama mereka, turun 2,3 persen pada 2015 dari tahun 2014, Biro Statistik Nasional (NBS) mengatakan di situsnya, Rabu (27/01). Hasil tersebut dibandingkan dengan pertumbuhan 3,3 persen pada 2014.

Pada penutupan perdagangan saham sore ini, saham-saham yang menekan indeks Shanghai adalah saham Air China yang turun -3,95%, saham Founder Technology turun -3,42%, saham Shanghai Zhenhua Port Machinery turun -3,23%, saham Guangshen Railway turun -3,09%, saham Aluminum Corporation of China turun -3,02%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi melemah terbatas merespon kekuatiran perlembatan ekonomi Tiongkok. Jika pemerintah Beijing mampu memberikan kepercayaan investor untuk stimulus penguatan ekonomi, maka akan membantu menguatkan indeks Shanghai. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2606-2504 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2827-2929.

 

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here