Preview: FOMC Meeting

328

Baru saja bulan lalu tetapi rasanya seperti sudah lama sekali ketika Federal Reserve mengumumkan menaikkan tingkat bunganya untuk pertama kalinya sejak hampir satu dekade. Sekarang ada semakin banyak pembicaraan bahwa bank sentral AS ini akan terpaksa memutar balikkan keputusannya, kalau tidak sekarang nanti pada suatu waktu dalam jangka waktu yang dekat ini.

Katalisator untuk berpikir seperti itu adalah kekuatiran yang baru bahwa pertumbuhan ekonomi AS sedang jatuh kembali. Pandangan pertama pada hari Jumat yang akan datang terhadap laporan GDP di kuartal keempat diperkirakan akan menunjukkan penurunan yang besar didalam pertumbuhan ekonomi menjadi kenaikan yang lemah sebesar 0.9% saja, berdasarkan perkiraan konsensus dari Econoday.com. Itu adalah penurunan yang tajam dari kuartal ketiga dimana naik sebesar 2% dan jauh dibawah kenaikan di kuartal kedua sebesar 3.9%.

Untuk saat ini, secara luas diperkirakan the Fed akan tetap mempertahankan range tingkat bunga yang ditargetkan sekarang sebesar 25 sampai 50 basis poin. Tren ekonomi secara luas belakangan ini sedang goyah, tetapi angka-angka selama bulan Desember secara keseluruhan tidak cukup lemah untuk merasionalisasikan terjadinya perubahan kebijakan.

Update bulan Desember dari Indeks Aktifitas Nasional Fed Chicago, sebagai contoh, menunjukkan penurunan yang sedikit didalam pertumbuhan yang dibawah trend. Namun angka terakhir masih jauh diatas batas dimulainya resesi yang baru.

Pertanyaan kuncinya adalah bagaimana jika dibandingkan dengan angka di bulan Januari? Update sementara dari Markit mengenai indikator sentimen untuk bulan ini menunjukkan cerita yang sudah kita tahu: pertumbuhan yang lemah di manufaktur, sementara sektor jasa masih membukukan pertumbuhan yang sehat sekalipun sedikit lebih pelan. Data utama berikutnya untuk dipertimbangkan adalah laporan payrolls bulan Januari yang baru muncul pada tanggal 5 Februari.

Sementara itu fokus utama pada malam hari ini adalah pernyatan FOMC dari the Fed dan bagaimana pembuat kebijakan moneter memandang kondisi sekarang ini. Mereka bisa berkata ekonomi kelihatannya sedikit menurun, sesuatu yang kelihatannya tidak terlalu dramatis. Jika kata-katanya jauh lebih gelap, namun, pasar akan mengambil tanda tanda itu dan mulai menilai ulang harga dari suatu assets menurut urutannya.

Itu adalah sebuah tanda bahwa kebanyakan orang skeptis dan bahwa kita akan melihat lebih banyak pengetatan di dalam jangka waktu yang pendek seperti ini. Atau apakah pernyataan yang akan dikeluarkan olehthe Fed berkata yang sebaliknya? Tetaplah disini untuk pembahasan yang lebih spesifiknya terhadap tiap-tiap indikator sejarah.

Itu adalah suatu tanda orang pada skeptis bahwa kita akan mendapatkan lebih banyak pengetatan di dalam jangka waktu yang dekat. Akankah pernyataan the Fed pada malam hari ini memberitahukan hal yang sebaliknya?

 

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here