Semangat Berbelanja Jerman Paling Menggebu Sejak Juli 2015

823

Ditengah persoalan semakin menjauhnya realisasi laju inflasi Jerman dari target yang telah dipatok, sore ini (27/01), kelompok riset pasar GfK Jerman melaporkan bahwa tingkat keyakinan konsumen di negaranya untuk periode Februari  mendatang menunjukkan skor indeks yang sama dengan bulan sebelumnya. 

Adapun indeks sentimen konsumen Jerman berdasarkan survey Gfk untuk bulan depan tercatat pada kenaikan  9,4 poin , sama dengan yang tercatat laporan sebelumnya. Perolehan skor yang dirilis Gfk ini juga masih diatas ekspektasi ekonom yang sebelumnya memprediksi akan berakhir pada level 9,3. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Germany Consumer Confidence

Sebagai informasi saja, survey GfK ini merupakan survei yang dilakukan terhadap 2.000 orang di Jerman yang berusia 14 tahun keatas, dimana kuesionernya pun berfokus pada ekspektasi penghasilan, kecenderungan melakukan pembelian dan jumlah tabungan dari sektor rumah tangga.

Indikator ekspektasi ekonomi naik 1,3 poin menjadi 4,2 pada bulan Januari dan tetap di atas rata-rata jangka panjang. Konsumen Jerman masih percaya bahwa perekonomian akan terus tumbuh moderat dalam beberapa bulan mendatang meskipun risiko yang timbul dari ancaman serangan teroris dan krisis pengungsi.

Di atas semua alasan diatas, kondisi pasar tenaga kerja yang sangat kuat dengan peningkatan  lapangan kerja mendukung penilaian tersebut. Meskipun terjadi penurunan marjinal di prospek pendapatan, namun indeks kecenderungan untuk berbelanja  naik lebih lanjut pada bulan Januari, meningkat 3,7 poin  mencapai 52,7 poin  yang merupakan level tertinggi sejak Juli 2015.

Sementara itu, ukuran ekspektasi penghasilan menurun dari bulan sebelumnya yang  turun 3,6 poin menjadi 47,2. Meskipun demikian, penilaian masih sangat tinggi pada meningkatnya tenaga  kerja, pertumbuhan pendapatan yang kuat dan inflasi yang sangat rendah. Kondisi ini diperkirakan akan menguntungkan  proyeksi bulan Februari.
 

 

H Bara/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here